Polisi Berlakukan Rekayasa Lalin di Puncak Bogor

14 September 2024 - 10:00 WIB
Ilustrasi Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Bogor. Polisi memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa ganjil-genap di Jalan Raya Puncak, Bogor, Jawa Barat (Jabar). Hal itu diberlakukan untuk mengantisipasi kemacetan saat libur panjang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor AKP Rizky Guntama mengutarakan bahwa rekayasa dimulai dari hari ini.

"Dilakukannya rekayasa salah satunya ganjil genap yang dimulai dari hari Jumat sore sampai hari Senin karena itu tanggal merah," ujarnya, Jumat (13/9/2024).

Ia menjelaskan, pihaknya juga menyiapkan skema sistem satu arah atau one way. Namun, penerapan one way bersifat situasional menyesuaikan volume arus kendaraan yang ada nanti.

"Rekayasa satu arah tetap kita berlakukan sesuai dengan indikator yang kita miliki, apakah memang diperlukan satu arah naik ke atas ke puncak atau sebaliknya menuju Jakarta," jelasnya.

Dijelaskannya, peningkatan arus kendaraan ke arah Puncak, Bogor, diprediksi terjadi besok (14/9/24). Oleh karenanya, ia meminta para pengendara atau wisatawan yang bakal menuju ke Puncak agar selalu menaati aturan lalu lintas yang berlaku.

"Untuk prediksi peningkatan di hari Sabtu sudah mulai banyak kendaraan yang akan naik ke puncak. Sampai dengan mungkin puncaknya adalah di hari Senin. Tetap menjaga kehati-hatian, cek kondisi fisik dan kondisi kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Kemudian patuhi aturan lalu lintas baik kelengkapan dari administrasi maupun kelengkapan kendaraan," ungkapnya.

(ay/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment