Kapolda Jateng Gelar RK, Paparkan Kesiapan dan Tekankan Netralitas Polri pengamanan Pemilu 2023-2024

15 November 2023 - 14:00 WIB
Humas Polrestabes Surakarta

Tribratanews.tribratanews.com - Karanganyar. Kapolda Jawa Tengah, Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.St.Mk., S.H., mengungkapkan kesiapan Polda Jateng mengenai pengamanan Pemilu 2024 dengan operasi Mantap Brata Candi 2023-2024, saat Rapat Koordinasi Penyelenggara Pemilu Wilayah II di Hotel Lor In Kab. Karanganyar, Selasa (14/11/23).

“Polda Jateng beserta jajaran telah menggelar Operasi Mantap Brata Candi guna mengamankan pelaksanaan tahapan Pemilu 2023-2024,” ungkap Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi

Rapat Koordinasi dengan tema"Peran Polda Jateng Dalam Mewujudkan Stabilitas Keamanan Daerah pada Pemilu Serentak 2024," Kapolda mengatakan bahwa kurang lebih ada 22.328 personil yang terlibat dalam operasi tersebut, dan saat hari pemilihan. Mereka akan dibagi dan disebar untuk mengamankan TPS-TPS yang ada, pengamanan TPS baik kategori Sangat rawan, Rawan maupun Kurang rawan. Di samping itu juga pihaknya menyiapkan personil Power On Hand yang sewaktu-waktu bisa dikerahkan guna perbantuan pengamanan.

Baca Juga: Polisi Selidiki Laporan Terhadap Aiman Witjaksono di Jakarta

“Sebanyak 22.328 personel yang nanti akan disebar ke 117.299 sekian titik di wilayah Jawa Tengah dan akan dibantu Personil dari Kodam IV Diponegoro sebanyak 5.680 personil,” ungkap kapolda.

Kapolda Jateng menegaskan akan memberikan atensi dan pengawasan untuk menjamin kepatuhan anggota demi pengamanan Netralitas TNI Polri dalam pengamanan Pemilu 2023-2024

“Saya telah mengingatkan kepada seluruh anggota jajaran Polda Jateng agar menjaga Netralitas serta kinerja yang profesional dan prosedural dalam mengamankan seluruh tahapan dan proses pelaksanaan Pemilu 2024, dan apabila anggota yang melanggar ada sangsi baik itu disiplin maupun kode etik ” jelas Kapolda Jateng.

Kapolda juga mengungkapkan bukan hanya menjaga saat keberlangsungan pemilu di tiap TPS tetapi Kepolisian telah menyiapkan Satgas Cooling System yanag berfungsi untuk menjaga agar situasi pemilu tetap berlangsung dalam situasi yang sejuk dan kondusif.

“Satgas ini terbagi menjadi satgas Manajemen media, Sosial dan Kemitraan,” lanjut kapolda Jateng.

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment