Jelang Perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Polda DIY Fokus Antisipasi Lonjakan Wisatawan

16 December 2022 - 09:59 WIB
Foto : Dok. Polda DIY

Tribratanews.tribratanews.com – Yogyakarta. Jelang pengamanan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Wakapolda DIY, Brigjen. Pol. R. Slamet Santoso, S.H., S.I.K., menghadiri Rapat Koordinasi Forkopimda di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Kamis (15/12/22).

Rapat Koordinasi Forkopimda tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Dalam kegiatan tersebut, mengambil tema "Koordinasi Cipta Kondisi Wliayah DIY Jelang Perayaan Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023.”

Dalam kesempatannya, Wakapolda DIY turut memaparkan mengenai kesiapan Polda DIY dalam menghadapi malam natal dan malam pergantian tahun. Wakapolda DIY mengungkapkan, bahwa Polda DIY telah menyiapkan sebanyak 2.052 personel gabungan untuk ikut mengamankan malam natal dan tahun baru 2023.

Baca Juga : ETLE Mobile, Ditlantas Polda Metro Jaya Tangkap 250 Pelanggaran Per Hari

"Polda DIY membentuk satgas-satgas termasuk saber pungli, satgas pangan, satgas Covid-19, Satgas PMK, Operasi Lilin Progo dan pengamanan objek vital termasuk tempat ibadah, objek wisata, pusat perbelanjaan dan transportasi umum," jelas Wakapolda DIY.

Wakapolda DIY menjelaskan, menghadapi Nataru, Polda DIY akan mendirikan delapan Pos Pengamanan (Pospam) dan empat Pos Pelayanan (Posyan) yang akan disebar di beberapa titik di Yogyakarta.

"Kami (Polda DIY) juga telah menyiapkan enam jalur alternatif serta 14 kantong parkir di sekitar kawasan Malioboro. Rekayasa arus lalu-lintas juga akan kita berlakukan di Jalan Parangtritis, Bukit Bintang, Jalan Wonosari, Simpang Tiga Mangunan, dan beberapa tempat rawan lainnya," ungkap Wakapolda DIY.

Kabid Humas Polda DIY, Kombes. Pol. Yuliyanto, S.I.K., M.Sc., menambahkan, pengamanan perayaan Natal tahun 2022 dan Tahun Baru 2023, Polda DIY akan menggelar operasi kemanusiaan, yaitu Operasi Lilin Progo 2022.

"Seperti yang sudah kami laksanakan, kami akan gelar petugas di lapangan, seperti tempat ibadah, tempat wisata, tempat keramaian, serta arus lalu lintas yang berpotensi terjadi penumpukan," jelas Kabid Humas Polda DIY.

Kabid Humas Polda Diy menjelaskan, operasi kemanusiaan ini rencananya akan digelar mulai tanggal 22 Desember 2022 sampai dengan 3 Januari 2023.

(fz/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment