Jelang Pemilu Polres Biak Numfor Tingkatkan Patroli Siber Awasi Informasi Hoaks

1 September 2023 - 14:15 WIB
Foto: Kominfo

Tribratanews.tribratanews.com - Biak. Kepolisian Resor (Polres) Biak Numfor, Polda Papua mengintensifkan patroli siber di dunia maya untuk mengawasi penyebaran informasi hoaks menjelang tahun politik Pemilu 2024.

"Pengawasan tim siber Polres Biak dibantu Polda Papua untuk mencegah paham radikalisme, ujaran kebencian mengandung unsur suku, agama, ras, dan antar-golongan (SARA) serta mengantisipasi adanya informasi hoaks yang tidak benar dalam rangka menghadapi tahun politik Pemilu 2024," ujar Kapolres Biak, AKBP Damianus Dedy Susanto, S.H., S.I.K., M.H., dilansir dari Antaranews, Kamis (31/8/23).

Ia mengingatkan, masyarakat di wilayah hukum Polres Biak Numfor untuk tidak menyebarkan informasi apa pun yang tidak benar untuk di-posting ke media sosial.

AKBP Damianus Dedy Susanto menjelaskan, jika warga melakukan posting-an informasi hoaks atau mengandung unsur SARA, maka akan berdampak hukum karena bisa ditindak tegas sesuai hukum yang berlaku.

Baca Juga:  Peringati Hari Jadi Polwan Ke-75, Polwan RI Bagikan Bunga Kepada Masyarakat

"Jajaran Polres Biak Numfor terus mengimbau masyarakat untuk ikut menjaga situasi kamtibmas daerah yang sangat kondusif menjelang Pemilu 2024," ujarnya.

Menurutnya jika dalam patroli siber ditemukan informasi hoaks pemilu maka pihaknya akan segera melakukan tindakan tegas sesuai peraturan hukum yang berlaku. Ia menyebutkan hukuman bagi siapa saja atau orang penyebar informasi hoaks dapat dijerat dengan pasal 28 ayat 1 Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Selanjutnya, Mantan Wakapolres Sanggau ini mengungkapkan bahwa penyebar hoaks dapat diancam pidana pasal 45A ayat 1 No16 tahun 2016 tentang UU ITE dengan pidana penjara paling lama enam tahun dan/atau denda paling banyak Rp1 miliar.

"Sampai saat ini kondisi Kamtibmas di wilayah hukum Polres Kabupaten Biak Numfor sangat kondusif. Dan, keadaan ini terus masyarakat jaga bersama hingga Pemilu serentak berlangsung dengan lancar," jelasnya.   

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment