Gabungan Aparat Keamanan Melaksanakan Penertiban dan Pemulangan Non Karyawan Menuju Timika di Area Landfill

29 November 2023 - 15:45 WIB
Polri

Tribratanews.tribratanews.com - Mimika. Kepala Kepolisian Sektor Tembagapura, AKP Jevri Hengky Jeremia, memimpin penertiban Non Karyawan bersama 180 personel gabungan Dalmas Polres Mimika, TNI, Satgas Amole Bali, Satgas Amole Brimob 32, Satgas Amole NTB, dan RSM Pt, Freeport Indonesia, bertempat di area Landfill Ridge Camp Mile 73 Tembagapura, Selasa. (28/11/23).

Sebelum melaksanakan tugas penertiban terlebih dahulu dilakukan pengarahan oleh Kapolsek Tembagapura tentang penertiban dan pemulangan Non Karyawan menuju ke Timika di Area Landfill yang intinya bahwa kegiatan ini kita laksanakan dengan penuh rasa tanggungjawab.

Ia mengungkapkan bahwa kita harus pahami betul medan dilapangan, terus kita berhadapan dengan masyarakat jadi kita harus humanis saat bertindak.

Baca Juga: Hadapi Pemilu 2024, Kapolda Maluku Tinjau Kesiapan Posko OMB Salawaku 2024

Non Karyawan ini kita himbau dan bawa ke bus untuk dibawa ke kota Timika. Untuk personel Polsek, Koramil dan RSM garda terdepan untuk melakukan negosiasi dengan para pendulang.

Kita harus bagi tugas sesuai dengan daerah atau area, jadi kita bagi 4 kelompok yang terdiri dari kelompok satu diarea pompa satu sebanyak 20 personel, kelompok dua diarea Head Road sebanyak 30 personel, kelompok tiga diarea kali Kabur Landfill 100 personel dan kelompok empat diarea Landfill pembuangan sampah sebanyak 30 personel.

Selanjutnya ia mengungkapkan bahwa pada saat personel gabungan tiba di lokasi, Ia menyampaikan kepada para pendulang yang berada di area Landfill yang intinya bahwa terima kasih kepada saudara saya yang berada di area landfill yang bersedia turun menuju ke Timika.

Area Landfill adalah area terlarang jadi tidak boleh melakukan pendulangan disini. Selanjutnya seluruh personil melakukan pembersihan Camp dan tempat dulang di area Landfill Mile 73 dan membakar Camp pendulang, membuang peralatan dulang seperti Sekop, Mal, Selang dan Karpet.

Seluruh Non Karyawan menggunakan 1 unit bus milik Pt. Freeport dibawa pulang ke Timika dikawal oleh Satgas Amole. Seluruh personil gabungan kembali ke Chekpoint Headroad untuk melaksanakan apel konsolidasi.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment