Demo Pengemudi Transportasi Umum di Balkot, 979 Personel Dikerahkan

30 July 2024 - 12:30 WIB
Dokumentasi Polres Metro Jakarta Pusat

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Polri mengerahkan 979 personel gabungan guna mengamankan aksi unjuk rasa dari Forum Komunikasi Laskar Biru Operator Jaklingko Mikrotrans Eks Mikrolet dan APB DKI Jakarta di Kantor Balaikota, Jakarta Pusat.

"Untuk pengamanan aksi unjuk rasa dari Forum Komunikasi Laskar Biru Operator Jaklingko Mikrotrans Eks Mikrolet dan APB DKI Jakarta, kami melibatkan 979 personel gabungan," ungkap Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes. Pol. Susatyo Purnomo Condro, Selasa (30/7/23).

Ia menjelaskan, personel gabungan tersebut terdiri dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI, dan instansi terkait. Ratusan personel itu ditempatkan di sejumlah titik sekitar Jl. Merdeka Selatan.

Baca Juga: BMKG Minta Warga Waspadai Potensi Hujan Deras Disertai Angin Kencang

Dijelaskan Kapolres, pengamanan dilakukan untuk mengantisipasi dan mencegah massa aksi masuk ke dalam Balaikota DKI Jakarta. Sedangkan untuk pengalihan arus lalu lintas di sekitar Jl. Merdeka Selatan dan beberapa lokasi lainnya bersifat situasional, melihat jumlah massa di lapangan.

"Apabila jumlah massanya tidak banyak, lalu lintas normal seperti biasa. Kita lihat nanti jumlah massanya, bila nanti di sekitaran Jl. Merdeka Selatan Monas itu massanya cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka arus lalulintas yang akan mengarah ke Jl. Merdeka Selatan akan dialihkan," ujarnya

Ditegaskan Kapolres, kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan telah diperintahkan selalu bertindak persuasif, tidak memprovokasi dan terprovokasi, mengedepankan negosiasi, pelayanan yang humanis serta menjaga keamanan dan keselamatan. Namun, ia juga mengimbau kepada para koordinator lapangan (korlap) dan orator untuk melakukan orasi dengan santun dan tidak memprovokasi massa.

"Lakukan unjuk rasa dengan damai, tidak memaksakan kehendak, tidak anarkis dan tidak merusak fasilitas umum. Hormati dan hargai pengguna jalan yang lain yang akan melintas di Jl. Merdeka Selatan dan beberapa lokasi lain," jelasnya.

(ay/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment