Ciptakan Pilkada 2024 Aman dan Damai, Polda Kaltim Bersama Polresta Balikpapan Laksanakan Patroli dan Pengamanan di Kantor KPU Kota Balikpapan

18 September 2024 - 15:30 WIB
balpos

Tribratanews.tribratanews.com - Balikpapan. Unit K9 Ditsamapta Polda Kalimantan Timur, bersama Satgas Humas OMP Manuntung Polresta Balikpapan, gelar patroli dan pengamanan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan, Rabu, (18/9/24).

Patroli ini bertujuan untuk mengamankan sosialisasi pelaporan dana kampanye, mendukung penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 yang partisipatif, terbuka, dan akuntabel.

Dalam kegiatan ini, empat personel Unit K9 beserta satu anjing pelacak dikerahkan untuk memberikan rasa aman kepada peserta Pemilu dan pasangan calon.

Patroli dimulai dari Kantor Dit Samapta Polda Kaltim dan merupakan bagian dari kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari.

Baca Juga: Direktorat Lalu Lintas Polda NTT Selenggarakan Rakernis 2024 di Kupang

Personel Polri melakukan peninjauan ke pos pengamanan serta area sekitar Kantor KPU yang tengah melaksanakan sosialisasi.

Wadir Samapta Polda Kaltim, AKBP Putra Wiratama, S.H., S.I.K., M.Si., menjelaskan bahwa pengamanan Pilkada serentak dibagi menjadi dua unit patroli, satu di Kota Samarinda dan satu di Kota Balikpapan.

“Setiap unit terdiri dari empat personel dan satuan satwa, dengan total sembilan anjing pelacak sesuai dengan spesifikasi kemampuan yang berbeda,” ungkap anggota Unit K9 Samapta Polda Kaltim, Bripka Manulang, dilansir dari balpos.

Selama proses pengamanan, kegiatan sterilisasi yang dilakukan oleh Unit K9 berlangsung dengan aman dan lancar tanpa kendala.

Kegiatan patroli ini merupakan bentuk pelayanan keamanan yang bertujuan menciptakan situasi yang aman dan nyaman, sehingga mengurangi rasa khawatir di kalangan masyarakat.

(ek/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment