Ciptakan Pemilu Damai, Polri Melatih Personelnya Dalam Menjaga Kamtibmas di Riau

13 October 2023 - 15:00 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Pekanbaru. Kepolisian Daerah Riau melalui Satuan Ditlantas melatih personelnya melakukan pengawalan, pengamanan dan patroli dalam persiapan menyukseskan Pemilu 2024 mendatang di Pekanbaru.

Dalam pelatihan tersebut, dipantau langsung Wakapolda Riau, Brigjen. Pol. Drs. Kasihan Rahmadi, SH., MH., didampingi Dirlantas Polda Riau, Kombes. Pol. Dwi Nur Setiawan, S.I.K., M.H., dan Kasat Lantas Polresta Pekanbaru, Kompol Birgitta Atvina Wijayanti.

Empat unit mobil Patroli Jalan Raya (PJR) dilatih bagaimana melakukan pengawalan terhadap jalannya kegiatan pemilu.

"Latihan ini dilaksanakan untuk mempersiapkan para personel untuk pengawalan jalannya pemilu 2024 mendatang," ujar Wakapolda Riau, dilansir dari Antaranews, Kamis (12/10/23).

Baca Juga:  Polda Sultra Gelar Latihan Sispamkota Dalam Pengamanan Pemilu 2024

Melalui latihan ini, para pengemudi VVIP dipersiapkan agar mampu, terampil dan memiliki kecakapan dalam mengemudi.

"Salah satu yang dilatih adalah pengemudi VVIP ini memiliki keterampilan escape," ujarnya.

Dalam keterangannya ia menyebutkan bahwa teknik escape adalah tindakan penyelamatan dengan mengemudikan kendaraan tingkat lanjuran (advance)..

Beberapa personel khususnya bagian pengemudi dilatih mengawal bagaimana melakukan penyelamatan diri apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan atau membahayakan para calon peserta pemilu 2024.

"Mengemudi kendaraan tingkat advance ini terdiri dari Teknik U-Turn yakni maju dan berputar balik 180 derajat dan Teknik J-Turn yakni mundur dan berputar balik 180 derajat," tutupnya.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment