Ciptakan Kamtibmas di Lingkungan Masyarakat, Polisi Gelar Operasi Bina Kusuma Anoa 2023

22 June 2023 - 10:45 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Kendari. Kepolisian Daerah (Polda) Sultra kembali gelar Operasi Bina Kusuma Anoa 2023 untuk menciptakan dan meningkatkan keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat.

"Operasi Bina Kusuma ini bertujuan untuk meningkatkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum Polda Sultra," ujar Dirbinmas Polda Sultra, Kombes. Pol. Darmawan Affandy, S.I.K., M.M., seperti dilansir Antaranews, Rabu, (21/6/23).

Kombes. Pol. Darmawan Affandy, menyampaikan Operasi Bina Kusuma Anoa 2023 di wilayah hukum Polda Sultra akan berlangsung selama 10 hari, terhitung mulai 21 Juni hingga 1 Juli 2023.

"Operasi Bina Kusuma Anoa 2023 adalah untuk meningkatkan daya cegah dan daya tangkal masyarakat terhadap kenakalan remaja, kejahatan jalanan, dan premanisme," ujarnya.

Lebih lanjut, Ia menerangkan operasi dilakukan sebagai langkah preventif menghadapi maraknya tindakan premanisme, pencurian, kejahatan, dan penyakit masyarakat, terutama di wilayah hukum Polda Sultra.

Baca Juga:  Polisi Amankan 6 Tersangka Kasus TPPO di Jayapura

Menurut Kombes. Pol. Darmawan Affandy, pihaknya dituntut untuk memantapkan keterpaduan fungsi operasional antarsatuan tugas operasi serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan yang didasarkan pada penguasaan taktik dan teknis kepolisian.

"Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi sejak dini berbagai potensi kerawanan yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas)," jelasnya.

Di sisi lain, ia mengungkapkan upaya menciptakan lingkungan yang aman dan harmonis dilakukan melalui Operasi Bina Kusuma Anoa 2023, sehingga warga Sulawesi Tenggara dapat merasakan peningkatan keamanan, serta mampu mengatasi dan mencegah berbagai bentuk tindak kejahatan dan kerawanan sosial yang dapat mengganggu ketertiban dan kesejahteraan masyarakat.

Kombes. Pol. Darmawan berharap Operasi Bina Kusuma Anoa 2023 dapat menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polda Sulawesi Tenggara.

(fa/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment