Cegah Terjadinya Kepanikan, Kabid Humas Polda Kalteng Imbau Masyarakat Waspada Informasi Hoaks Terkait Makanan dan Minuman

7 April 2024 - 10:15 WIB
borneonews

Tribratanews.tribratanews.com - Kalteng. Kepala Bidang Humas Polda Kalteng, Kombes. Pol. Erlan Munaji, S.I.K., M.SI., mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap adanya informasi hoaks yang beredar terkait makanan dan minuman selama periode akhir Ramadan hingga hari raya Idul Fitri.

Tujuan dari imbauan tersebut diberikan guna mencegah terjadinya kepanikan dan kerugian bagi masyarakat.

Dalam keterangannya, Kabid Humas mengungkapkan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi penyebaran informasi hoaks terkait makanan dan minuman yang dapat menyebabkan keracunan atau gangguan kesehatan.

Baca Juga: Polres Pesisir Barat Dirikan Pos Pengamanan Selama Operasi Ketupat Krakatau 2024

Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk tidak mudah percaya dan menyebarkan informasi yang belum terverifikasi kebenarannya.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar selalu memeriksa keaslian informasi sebelum mempercayainya. Jangan langsung menyebarkan informasi yang belum jelas sumbernya, terutama terkait makanan dan minuman yang dikonsumsi selama periode akhir Ramadan dan Idul Fitri," ujarnya, dilansir dari laman borneonews, Sabtu (06/04/24).

Kombes. Pol. Erlan Munaji, juga menekankan pentingnya memeriksa sumber informasi yang dapat dipercaya dan mengikuti anjuran dari otoritas terkait, seperti Dinas Kesehatan atau lembaga resmi lainnya.

Hal ini untuk memastikan bahwa makanan dan minuman yang dikonsumsi aman dan tidak membahayakan kesehatan.

Diakhir kesempatan ia mengajak masyarakat untuk saling berbagi informasi yang benar dan terverifikasi kepada keluarga, tetangga, dan teman-teman.

"Dengan demikian, dapat mencegah penyebaran informasi hoaks yang dapat menimbulkan kepanikan dan kerugian," tutupnya.

(fa/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment