Cegah Pelanggaran, Polda Gorontalo Terapkan Gaktiblin

2 March 2024 - 08:00 WIB
RRI

Tribratanews.tribratanews.com - Gorontalo. Kabid Propam Polda Gorontalo, Kombes. Pol. Jury Leonard Siahaan, S.I.K., mengimplementasikan kegiatan Gaktiblin (Gajian, Tampang, Kelengkapan, dan Administrasi), dalam upaya menjaga kedisiplinan dan integritas anggota Polri serta memastikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

Gaktiblin merupakan sebuah langkah preventif yang dilakukan secara rutin oleh Polda Gorontalo untuk mencegah terjadinya pelanggaran yang mungkin dilakukan oleh oknum anggota Polri. Rangkaian kegiatan tersebut meliputi pemeriksaan sikap tampang, kelengkapan (Gampol), dan administrasi terhadap personel Polda Gorontalo.

Baca Juga: Polda Kalteng Ringkus 2 Orang Warga Bartim Pengangkut BMM ilegal

Dalam keterangannya ia menjelaskan bahwa tujuan utama dari kegiatan Gaktiblin ini adalah untuk meningkatkan pemahaman anggota Polri terhadap peraturan dan tugas pokoknya sesuai dengan Amanat Undang-undang.

"Kegiatan ini kami lakukan secara rutin untuk menghindari pelanggaran anggota dan menjaga citra Polri," ujarnya, dilansir dari laman RRI, Jumat (01/03/24).

Dalam kesempatannya, ia beserta personel Provos secara langsung melakukan pemeriksaan terhadap setiap personel. Dalam pemeriksaan tersebut, mereka memastikan bahwa anggota Polri memiliki sikap tampang yang sesuai dengan standar dan kelengkapan administrasi yang dibutuhkan.

"Dengan adanya Gaktiblin, kami berharap anggota Polri tetap mematuhi peraturan dan menjaga integritas dalam melaksanakan tugasnya demi menjaga kepercayaan masyarakat," jelasnya.

Personel yang ditemukan tidak memenuhi standar sikap tampang atau memiliki kelengkapan administrasi yang tidak lengkap akan dikenakan tindakan disiplin sesuai dengan prosedur yang berlaku oleh Bidang Propam Polda Gorontalo.

Kegiatan ini juga sekaligus menjadi bentuk komitmen Polda Gorontalo dalam menjaga profesionalisme anggotanya serta memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

(fa/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment