Cegah Kecelakaan, Polri Tekankan Pentingnya Budaya Tertib Lalu Lintas

17 November 2020 - 10:15 WIB
www.tribratanews.com-Jakarta. Korlantas Polri mencatat kecelakaan lalu lintas periode Januari-Oktober mencapai 83.715 kejadian dengan korban meninggal dunia 19.320 jiwa, luka berat 8.995 orang, luka ringan 95.134 orang, serta kerugian materiil Rp163.339.918.003.

Bahkan angka ini lebih tinggi dari korban bencana alam dan meninggal akibat penyakit sehingga data ini terus menjadi perhatian Korlantas Polri untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri Brigjen. Pol. Dr. Chryshnanda Dwilaksana, M.Si. dengan tegas menekankan pentingnya membangun budaya tertib berlalu lintas untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya mentaati peraturan lalu lintas.

Menurutnya, hal ini perlu dilakukan karena pelanggaran lalu lintas menjadi penyebab utama terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Lanjut Jenderal Bintang Satu tersebut, kesadaran dan budaya tertib berlalu lintas harus ditumbuhkan pada masing-masing pengguna jalan. Selalu patuh akan rambu lalu lintas maka sama dengan mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Patuh bukan karena takut ditilang oleh petugas, namun takut akan kecelakaan lalu lintas yang dapat menimpa siapa saja, kapan saja dan dimana saja.

(af/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment