Bersihkan Longsor, Brimobda Maluku Kerahkan Tim SAR

13 July 2022 - 06:41 WIB

www.tribratanews.com - Maluku. Personil Brimob Polda Maluku menggelar bhakti sosial. Material longsor dan pohon tumbang yang menutup rumah dan jalan pemukiman warga dibersihkan pada sejumlah wilayah di Kota Ambon.Tim search and rescue (SAR) kompi 4 Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Polda Maluku dikerahkan.

Lokasi yang ditargetkan dalam aksi sosial itu adalah di kawasan Air Besar Desa Passo, Kecamatan Baguala. Sisa- sisa material longsor dibersihkan tim SAR Brimobda menggunakan peralatan seperti cangkul, sekop, dan parang.

“Longsor dan pohon tumbang terjadi akibat hujan lebat yang mengguyur kota Ambon dan sekitarnya,” jelas Danki 4 Batalyon A Pelopor, AKP Nur Saleh. 

Pembersihan material sampah tersebut dilakukan tim SAR kompi 4 Batalyon A Pelopor Sat Brimob Maluku dan Kompi 1 Batalyon A Pelopor. Kegiatan pembersihan lingkungan di lokasi tersebut memakan waktu kurang lebih 1 jam.

Danki 4 Batalyon A Pelopor menambahkan, pihaknya siaga penuh untuk menghadapi berbagai kemungkinan terjadi akibat cuaca ekstrim. Kesiapsiagaan yang dilakukan sebagai bentuk kehadiran negara dalam menghadapi bencana.

Menurut Danki 4 Batalyon A Pelopor, kegiatan SAR tersebut  merupakan bentuk bakti dari Satuan Brimob Polda Maluku dalam upaya menghadirkan negara di tengah-tengah masyarakat.

“Semoga dengan kehadiran kami, masyarakat merasa terbantu. Kami selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik buat masyarakat seperti Moto Korps Brimob Polri, “Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan”, jelas Danki 4 Batalyon A Pelopor. 

Moto tersebut sebagai wujud bakti Sat Brimob Polda Maluku dalam menciptakan rasa aman, nyaman dan kedekatan emosional antara Brimob dengan masyarakat.

Keterlibatan Polri bukan hanya itu, setidaknya tampak pada pembersihan jalan di kawasan Seilale, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon. Pasca ruas jalan itu ditutupi pohon besar yang tumbang, sekira pukul 00.05 Wit, dini hari, Senin(11/7/22).

Akibat tumbangnya pohon besar itu ruas jalan kawasan Negeri Silale, akses transportasi roda empat Dan roda dua tertutup. 

Alhasil Babinkamtibmas Negeri Seilale Aiptu Tony Lesnussa bersama warga berkordinasi dengan petugas Damkar untuk mengevakuasi Dan melakukan pembersihan Japan Dari pohon tumbang.

“Warga yang memiliki alat sensor kayu selanjutnya secara bergotong royong melakukan pemotongan dan pembersihan  batang pohon kayu hingga pukul 03.30 wit pohon tersebut sudah dapat dibersihkan dan akses jalan sudah terbuka untuk dilalui kendaraan,” jelas Kasi Humas Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease, Ipda Moyo Utomo. 

Dalam peristiwa tersebut diakui Kasi Humas Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease tidak menimbulkan korban jiwa maupun material.


Share this post

Sign in to leave a comment