Arus Balik Lebaran 2021, Polri: Masih Ada 400 Ribu Pemudik dari Sumatera ke Jawa

20 May 2024 - 09:36 WIB
www.tribratanews.com. – Jakarta. Kepolisian RI memperkirakan akan terjadi pergerakan arus balik sebanyak 400 ribu pemudik dari Sumatera menuju Jawa. Asops Kapolri Irjen Pol. Drs. Imam Sugianto, M.Si., menyatakan bahwa, pergerakan ini menjadi perhatian khusus karena berpotensi menjadi klaster penyebaran covid-19.
 
"Sekarang kira-kira yang belum menyebrang masih ratusan ribu. Data dari Menhub kurang lebih 400 ribu," tutur Asops Kapolri.
 
Disisi lain, Imam menyebut pengawasan pergerakan arus balik tak hanya dilakukan di titik arteri ataupun transportasi di pulau Jawa. Pasalnya, penyekatan dimulai sejak di sejumlah titik di Sumatera. Hal itu dilakukan, agar para pemudik memiliki surat bebas Covid-19 sebelum kembali memasuki Jakarta ataupun Jawa.
 
"Polda Lampung terpantau dari Sumatera Selatan ada beberapa yang diputar balik. Jadi kita pecah konsentrasi di wilayah Lampung ini betul-betul. Kemudian sudah selesai yang di sana kita alirkan kesini," tambahnya.
 
Menanggapi hal tersebut, Imam meminta para pemudik untuk kooperatif dan membawa surat bebas Covid-19.  Penyekatan dan mengecek surat bebas covid-19 bertujuan untuk menekan penyebaran korona pasca mudik lebaran 2021.
 
"Mohon ayo kita kerjasama khususnya masyarakat yang akan kembali arus balik untuk mematuhi semua imbauan masyarakat ini sehingga kita semua bisa menekan angka penyebaran korona," pungkasnya.

Share this post

Sign in to leave a comment