Antisipasi Kerumunan Meledak, Ditlantas Polda Metro Jaya Terapkan Pengalihan Arus Lalu Lintas di Tanah Abang

4 May 2024 - 16:00 WIB
www.tribratanews.com. – Jakarta. Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya menerapkan rekayasa atau pengalihan arus lalu lintas di sekitar Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Kebijakan itu diambil untuk mengurangi kepadatan pengunjung menjelang Lebaran Idul Fitri.
 
Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo, S.I.K., M.T.C.P., mengatakan pengalihan arus lalu lintas di kawasan sekitar Pasar Tanah Abang berlaku hingga menjelang lebaran. Adapun, penerapannya akan menyesuaikan situasi dan kondisi di lapangan.
 
"Dilakukan sampai menjelang lebaran. Buka tutup nantinya melihat kepadatan lalu lintas," terang Dirlantas, Selasa (4/5/2021).
 
Dirlantas menyebutkan, beberapa titik ruas jalan yang ditutup di antaranya; Bongkaran, Petamburan arah Tanah Abang, Layang Jatibaru, dan Tanah Abang Blok G. Diharapkan dengan adanya pengalihan arus lalu lintas tersebut akan mengurai kepadatan pengunjung.
 
Ratusan personel gabungan TNI-Polri dan Satpol PP sebelumnya telah diterjunkan untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan di Pasar Tanah Abang. Hal itu dilakukan usai terjadinya lonjakan pengunjung jelang lebaran Idul Fitri.
 
Sementara itu, Kapolsek Tanah Abang, AKBP Singgih Hermawan mengatakan jumlah personel gabungan yang diterjunkan, yakni 670 orang. Mereka disebar di beberapa titik di sekitar Pasar Tanah Abang. "Itu semua bergabung tiga pilar TNI, Polri dan Satpol PP jumlahnya 670an orang," terang Kapolsek Tanah Abang, Senin (3/5) kemarin.
 
Kapolsek Tanah Abang menjelaskan bahwa, personel gabungan tersebut setiap saat akan melaksanakan patroli di sekitar pasar. Pihaknya akan mengingatkan hingga menegur apabila ada penjual atau pengunjung yang tak menerapkan protokol kesehatan.
 
"Intinya sentra ekonomi harus tetap berjalan, warga yang ingin berbelanja tetap mengikuti protokol kesehatan sehingga semuanya berjalan," tambahnya.

Share this post

Sign in to leave a comment