Antisipasi Anggota Kelelahan saat Jaga TPS, Ini Langkah Kapolda Jatim

14 February 2024 - 09:00 WIB
Tribunnews

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Kapolda Jatim, Irjen. Pol. Drs. Imam Sugianto, M.Si., memastikan kesiapan Polisi dalam mengamankan Pemilu 2024. Selain menjaga pemilu yang aman, tertib dan damai, Imam juga memastikan stamina anggotanya yang sedang bertugas.

"Kita sudah lakukan evaluasi agar anggota tidak kelelahan saat melakukan penjagaan, harus kita tambah anggotanya," ujar Irjen. Pol. Imam, Selasa (13/2/24).

Ia menambahkan dari hasil evaluasi, pihaknya akan membagi waktu untuk personel yang menjaga di tiap TPS. Personel akan melakukan penjagaan secara bergantian.

"Kan gak mungkin anggota menjaga 1x24 jam terus menerus. Jadi nanti anggota yang sudah menjaga dari pagi, waktu perhitungan akan di gantikan lagi dengan anggota baru. Kita akan lakukan penjagaan secara bergantian," terangnya.

Baca Juga: Personel OMB Polda NTT Lakukan Pengamanan Pergeseran Logistik Pemilu di Wilayah Kecamatan Alok

Tak hanya itu, Polda Jatim juga sudah memberikan pembekalan dalam menjaga pengamanan di tiap TPS. Terlebih ketika stamina anggota maupun kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan agar tidak memaksakan diri.

"Saat ini kan cuaca ekstrem, jadi kita sudah berikan bekal kepada para anggota termasuk multivitamin. Tapi ketika bertugas dan mengalami penurunan kesehatan, agar segera melaporkan ke pimpinan agar segera diambil tindakan," jelasnya.

Di tiap TPS, lanjut Imam, pihaknya menerapkan pengamanan yang berbeda. Ia pun membagi tiga pengamanan yakni titik kurang rawan, titik rawan dan titik sangat rawan. "Untuk di titik rawan dan sangat rawan akan dijaga dua polisi dan dua linmas," lanjutnya.

Ia memastikan untuk daerah rawan pola pengamanan tetap sama. Hanya saja, jumlah personelnya yang ditambah.

"Pola sama, pengamanan sama. Kalau TPS rawan, tetap kita jaga, cuma nambah jadi dua polisi dan dua linmas," tandasnya.

Senada, Panglima Kodam V/Brawijaya Rafael Granada Baay mengatakan akan terus bersinergi dengan Polri untuk menjaga pemilu 2024 yang aman, tertib dan damai. Namun pihaknya juga tetap mengutamakan keselamatan masyarakat, anggota Polri dan TNI.

"Yang paling utama semua selamat dan pemilu ini berjalan lancar, damai dan tertib. Kepada semua anggota kita sudah kita arahkan agar selalu menjaga stamina sebelum pesta demokrasi ini berlangsung. Intinya jangan sampai kelelahan," tutupnya.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment