Amankan Rangkaian Perayaan Waisak, Polri Turunkan Ribuan Personel di Jateng

31 May 2023 - 19:00 WIB
herald.id

Tribratanews.tribratanews.com - Semarang. Kepolisian akan menurukan ribuan personel untuk mengamankan rangkaian Hari Raya Waisak di wilayah Jateng. Para personel tersebur akan disebar di 114 titik lokasi perayaan hari Tri Suci Waisak 2657 BE/2023.

"Pada puncak ibadah kami di hari Minggu kami terjunkan 3.635 personel gabungan untuk mengamankan 16.711 peserta ibadah yang tersebar di 114 titik tempat ibadah di seluruh Jawa Tengah," jelas Kabid Humas Polda Jateng, Kombes. Pol. Muhammad Iqbal Alqudusy, S.H., S.I.K., Rabu (31/5/23).

Baca Juga: Ketua KPU Minta Polri Antisipasi Cara Saling Serang Peserta Pemilu

Kabid Humas menjelaskan bahwa rangakian Waisak sudah digelar sejak hari Selasa (30/5/23) kemarin di Kota Magelang, Kabupaten Magelang serta Kabupaten Temanggung. Di tiga lokasi tersebut pun sudah ada 2.110 peserta dan dikerahkan 606 personel gabungan terdiri dari TNI Polri, Stakeholder dan elemen masyarakat untuk pengamanan.

"Kegiatan pengamanan akan dilakukan setiap hari hingga nanti puncak perayaan ibadah di hari Minggu," tambahnya.

Untuk hari Rabu (31/5/23) ini, sebanyaj 451 personil gabungan diterjunkan untuk mengamankan 2.068 peserta pada tiga tempat ibadah di Kota Magelang dan Kabupaten Magelang. Selanjutnya hari Kamis (1/6/23) besok sebanyak 255 personel gabungan akan mengamankan rangkaian ibadah Waisak di Magelang.

Berikutnya hari Jumat (2/6/23) pengamanan juga dilakukan dalam rangkaian pengambilan Api Alam dari Mrapen Grobogan dan Prosesi Pensakralan di Candi Mendut. Sebanyak 621 personel gabungan akan mengamankan 1.400 peserta ibadah pada lima daerah yaitu Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Temanggung.

"Di hari Sabtu (3/6/23) akan menyiagakan 1.158 personel guna mengamankan 30 titik tempat perayaan ibadah yang tersebar di 15 Kota/Kabupaten. Kegiatan pengamanan yang dilakukan juga meliputi prosesi Pengambilan Air Berkah dari Umbul Jumprit dan prosesi pensakralan di Candi Mendut yang digelar di hari itu," jelasnya lebih lanjut.

Puncak kegiatan digelar hari Minggu (4/6/23) yang dipusatkan di Pelataran Candi Mendut dan Candi Borobudur. Pengamanan ibadah saat puncak kegiatan akan berlangsung sejak pagi hingga berakhirnya rangkaian ibadah pada malam hari.

(my/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment