Presiden Rusia Bincang dengan Presiden China, Jemawa Berhasil Lawan Provokasi Barat

31 December 2022 - 20:21 WIB
Foto : cnnindonesia.com

Tribratanews.tribratanews.comJakarta. Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping melakukan pembicaraan bilateral lewat sambungan telepon video. Dalam obrolan itu, Putin jemawa menunjukkan kerja sama kedua negara dalam melawan tekanan dan provokasi negara-negara Barat, Jumat, (30/12/22)

“Terkait peningkatan ketegangan geopolitik, yang paling penting ialah mengembangkan taktik Rusia-China sebagai aspek stabilisasi,” ungkap Putin dalam obrolan tersebut mirip dikutip AFP.

Baca juga : Polri dan Kepolisian Hong Kong Teken MoU Terkait Deportasi Buron Lintas Negara

Dalam kesempatan itu, Putin juga menyampaikan keinginan Moskow untuk memperkuat kerja sama antara pasukan militer Rusia dan China. Menanggapi pernyataan tersebut, Xi menyatakan Chin siap untuk meningkatkan kerja sama strategis dengan Rusia.

“Kami siap untuk mengembangkan kolaborasi strategis dalam menghadapi situasi susah internasional,” jelas Jinping.

Dalam pertemuan tersebut, Putin juga mengundang Xi Jinping untuk tiba ke Rusia pada Musim Semi 2023 mendatang. Rusia dan China memang punya kekerabatan erat. Kedua negara kerap memperkuat korelasi dalam hal ekonomi, politik, dan keamanan.
China selama ini tak pernah mempermasalahkan Rusia yang berada di bawah hukuman global. Moskow juga sejak permulaan memastikan mendukung posisi Beijing atas Taiwan yang diklaim selaku bab dari China.

(ta/rz/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment