Tak Banyak Diketahui, Berikut Manfaat Mandi Sebelum Tidur Malam

1 June 2023 - 08:00 WIB
Foto: yesdok

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Ada banyak pro dan kontra tentang mandi sebelum tidur di malam hari. Sehingga sebagian orang memilih untuk mandi setelah beraktivitas di sore hari. Namun, sudah banyak penelitian yang membuktikan, mandi sebelum tidur memberikan manfaat bagi tubuh. Salah satunya, membuat tubuh lebih rileks, sehingga dapat tidur lebih nyenyak.

Berikut ini manfaat mandi sebelum tidur malam seperti dilansir dari fimela.com, Rabu (31/5/23):

Baca Juga:  Polisi Amankan Penyuplai Airsoft Gun ke Koboi David Yulianto

1. Meningkatkan kualitas tidur

Ternyata, mandi air hangat sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Maka, disarankan untuk menggunakan air hangat dengan suhu 40-43 derajat celcius. Jadi, kalau tidak bisa tidur di malam hari atau punya masalah yang bisa mengganggu waktu tidur, bisa mencoba tips ini. Sehingga dapat tidur yang berkualitas.

2. Menurunkan tekanan darah

Sebuah studi tahun 2019 menemukan, bahwa berendam dalam air hangat selama 11 hingga 15 menit sebelum tidur dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sehingga tubuh akan lebih rileks dan tidur juga bisa lebih nyenyak.

3. Melepaskan racun

Mandi air hangat bisa membantu meningkatkan sistem getah bening dalam tubuh yang kemudian menyebabkan berkeringat. Keringat yang keluar dari tubuh itu akan membawa racun dan bakteri keluar dari dalam tubuh.

4. Membantu tidur lebih cepat

Mandi air hangat sebelum tidur akan membantu melancarkan peredaran darah. Sehingga membuat tubuh lebih rileks dan membuat tidur lebih cepat. Selain itu, tubuh juga akan terasa lebih nyaman setelah mandi.

5. Melembabkan kulit

Mandi air hangat bisa membuka pori-pori dan membersihkan kotoran yang menempel di kulit. Air dingin juga mampu melembapkan kulit, sehingga menciptakan kulit yang lembut dan lentur. Pilih sabun dan sampo yang sesuai jenis kulit untuk mendapatkan efek yang lebih baik.

6. Mengurangi stres

Luangkan waktu sebentar dan rileks untuk melepas lelah. Mandi air hangat memiliki efek menenangkan tubuh. Memanjakan diri dalam ‘ritual’ ini, maka bisa mengusir stres dan menghilangkan sejenak masalah-masalah yang mengganggu pikiran.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Penelitian menemukan, bahwa orang yang lebih sering mandi dengan air dingin dapat mengalami peningkatan kesehatan 29 persen dibanding yang mandi air hangat. Kalau untuk kebutuhan sehari-hari, memang lebih baik mandi menggunakan air dingin. Tetapi, sebaiknya gunakan air hangat untuk mandi di malam hari.

(ek/hn/um)

in Hukum

Share this post

Sign in to leave a comment