Sanksi Tegas Menanti Pengendara Jika Gunakan Lampu Silau

12 August 2024 - 16:29 WIB
polda metro

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Dalam upaya meningkatkan keamanan dan keselamatan bagi pengendara, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan memberikan tindakan tegas kepada pengendara motor ataupun mobil yang menggunakan lampu belakang terlalu silau. Sanksi bisa berupa denda tilang hingga pidana.

Hal tersebut diberlakukan karena lampu tersebut sering membuat pengendara lain di belakangnya menjadi tidak nyaman dan kehilangan fokus saat berkendara.

“Lampu itu bisa kena sanksi pidana. Ini berbahaya buat pengendara lain," ungkap Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Latif Usman di Mapolda Metro Jaya, Minggu (11/8/24).

Dirlantas Polda Metro Jaya mengatakan, lampu yang menyilaukan itu bukanlah lampu bawaan dari pabrik melainkan hasil modifikasi pemilik kendaraan.

"Itu bukan lampu standar bawaan dari pabrik. Hasil lampu modifikasi," ujarnya.

Seperti diketahui, larangan lampu menyilaukan itu telah diatur dalam Pasal 277 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yang berbunyi "Setiap orang yang memasang atau menggunakan perlengkapan tambahan yang dapat mengganggu keselamatan dan keamanan berlalu lintas dapat dikenai sanksi berupa pidana kurungan atau denda".

(mz/hn/nm)

in Hukum

Share this post

Sign in to leave a comment