Polres Metro Jakpus Tangkap Satu Penipu Tiket Konser Coldplay

20 November 2023 - 17:30 WIB
Dokumentasi Polres Metro Jakpus

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Polres Metro Jakarta Pusat menangkap seorang pelaku penipuan dan penggelapan tiket konser Coldplay berinisial GDA (19). Penangkapannya berawal dari lima laporan polisi yang masuk ke Polres Metro Jakarta Pusat.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes. Pol. Susatyo Purnomo Condro menjelaskan, dari total lima laporan polisi tersebut, kerugiannya berbeda-beda, namun jika dijumlahkan mencapai Rp5,1 miliar.

“Ada total kerugian dari semua pelapor Rp5,1 M atau 2.268 tiket,” ujar Kapolres dalam konferensi pers, Senin (20/11/2023).

Dijelaskan Kapolres, awalnya pada saat para pelapor membuat pengaduan, yakni 13 November 2023, GDA telah dibawa. Kemudian, polisi melakukan mediasi terlebih dahulu sebagai bentuk penuntasan perkara awal. Karena tidak ditemukan adanya kesepakatan keduabelah pihak, penyidik kemudian melakukan penyidikan dan memeriksa tujuh saksi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Kirim Bantuan Kemanusiaan Tahap II ke Palestina

“Pada 17 November ditetapkan tersangka dan ditahan mulai Jumat kemarin,” jelas Kapolres.

Dijelaskan Kapolres, tersangka awalnya memang melakukan war 39 tiket dan sudah diserahkan kepada pembeli. Kemudian, ia kembali menawarkan kepada teman-temannya untuk menjadi reseller dengan janji compliment tiket menjelang konser.

Tersangka meyakinkan kepada para reseller bahwa dirinya dekat dengan promoter. Padahal, sejak pertengahan Mei 2023 waktu penjualan tiket hingga November 2023 tidak ada yang dikenal dan dihubungi tersangka.

Lalu, GDA memang mengaku ingin mendapatkan keuntungan dengan penjualan 1 tiket mendapat Rp250.000. Sementara, hingga terkumpul uang miliaran yang ditipunya, GDA membeli barang-barang branded hingga kebutuhan sehari-harinya.

“Tersangka disangkakan Pasal 378 KUHP tentang penipuan dan 372 KUHP tentang penggelapan dengan ancaman maksimal 4 tahun,” ungkap Kapolres.

ay/hn/nm

in Hukum

Share this post

Sign in to leave a comment