Trobosan Baru Binmas Noken Tolikara, Hadir dalam Program KULA ULA

15 September 2024 - 16:58 WIB
www.tribratanews.com - Karubaga. Anak anak Papua saat ini menjadi prioritas bagi Binmas Noken Polri. Karena tidak semua wilayah di Papua dapat dengan mudah dijangkau dengan kendaraan. Maka struktur Polri khususnya Binmas Noken yang menjangkau hingga desa desa pelosok di Papua, kini disemati kewajiban untuk melaksanakan program SI IPAR atau Polisi Pi Ajar. Ada banyak bentuk pelaksanaan SI IPAR, salah satunya wilayah tolikara menggunakan istilah Si ipar KULA ULA.

KULA dlm bahasa Lani adalah panggilan akrab untuk anak perempuan, sedangkan ULA dlm bahasa Lani adalah panggilan akrab untuk anak laki - laki.
KULA - ULA dalam kegiatan polisi Pi ajar diartikan 
" KUNJUNGAN LANGSUNG UNTUK ANAK LANI "

Seperti KULA ULA yang dilaksanakan Iptu Widada, Brigpol Petrus Hamokwarong dan Briptu Jordan P. Bonay bersama Bripka Esau Wenda dan Briptu Angga Haryanto. Pada Rabu, 15 September 2024 pukul 09.00 WIT di Taman Baca Kemala di Desa Kolengger Distrik Karubaga.

Materi yang disampaikan :
- Menanamkan rasa cinta Tanah Air Indonesia dengan Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. 
- Menanamkan rasa patriot untuk membela Tanah Air Indonesia dengan Membacakan kisah para pejuang.
- Mengajarkan ketrampilan menggambar dan Mewarnai Aneka gambar Satwa Endemik Papua, untuk mengenalkan Satwa yang dilindungi misalnya burung Cendrawasih.
- Mengedukasi anak tentang  Kebersamaan dan rasa Empati serta saling menghargai sesama teman, bahwasanya kita harus saling tolong menolong dalam setiap kegiatan sehari hari.
-Disela sela giat pembelajaran diberikan hadiah hadiah kecil bagi anak anak yang berani tampil dan bisa menjawab pertanyaan, hal ini dimaksudkan memberi penghargaan dan motifasi. Pukul 11.30 WIT kegiatan selesai.

KULA ULA tersebit diharapkan dapat membiasakan nnak anak bersikap sopan  terhadap siapa saja terutama terhadap orang yang lebih tua usianya serta membiasakan untuk menghargai sesama teman seusianya. Selain itu agar anak- anak mengerti dan memahami arti lagu Kebangsaan "Indonesia Raya"
Bahwa Negara Indonesia mempunyai lagu Kebangsaan, Bendera merah Putih dan Lambangnya adalah Burung garuda. Manfaat lainnya juga membiasakan anak- anak untuk bersosialisai dan bekerjasama dan saling membantu. Sehingga kehadiran Polisi sebagai sosok kakak sekaligus teman yang mengayomi dan mengajari, anak anak tidak merasa asing dan takut terhadap kehadiran Polisi. Serta sebagai   wadah yang positip untuk memonitor Tumbuh kembang Anak Usia Dini dalam hal pendidikan, utamanya kegiatan diluar jam sekolah

Share this post

Sign in to leave a comment