Ratusan Polwan Turun Aksi Bersihkan Sampah di Kali Ciliwung

16 August 2023 - 11:00 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Sebanyak empat kuintal atau 150 karung sampah berhasil diangkut dalam kegiatan susur Ciliwung yang melibatkan 125 personel polisi wanita (Polwan) di Sungai Ciliwung. Aksi sosial ini merupakan rangkaian dalam peringatan HUT ke-75 Polwan RI.

Lokasi Susur Ciliwung difokuskan di Jembatan Kali Ciliwung, Kalibata, Cililitan, Jakarta Timur. Menggunakan delapan perahu karet, para Polwan RI melakukan aksi sosial di bantaran Ciliwung.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kegiatan sosial dalam rangka hari jadi ke-75 Polisi Wanita Republik Indonesia, semoga kehadiran Polwan dapat dirasakan kebermanfaatannya dan juga oleh masyarakat sekitar bantaran Kali Ciliwung. Kegiatan kami di tahun ini tepat di 75 tahun pengabdian Polwan untuk negeri,” ujar Pakor Polwan RI Brigjen Pol. Desy Andriani dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (16/8/23).

Brigjen Pol. Desy menyebut, kegiatan sosial ini merupakan salah satu bentuk pengabdian Polwan untuk masyarakat, dengan harapan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Baca Juga:  Polri Kembali Tindak TPPO Bermodus Eksploitasi Anak

Menurut dia, kegiatan pengabdian Polwan tidak hanya di bidang lingkungan, tapi juga di bidang kesehatan yang dilaksanakan di lembaga pembinaan khusus anak dan lapas perempuan.

“Jadi ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan kita di tahun 2023 ini, semoga kehadiran Polwan dapat dirasakan oleh masyarakat luas," ujar Brigjen Pol. Desy.

Sementara itu, Ketua seksi bakti sosial Polwan RI AKBP Ganis mengatakan ada sekitar ratusan personel yang terlibat, di antaranya petugas PPSU, BPBD, Dinas Lingkungan Hidup hingga pemerhati lingkungan hidup.

AKBP Ganis menyebut, kegiatan susur Ciliwung yang dilaksanakan, juga dibarengi dengan kegiatan bakti sosial pembagian paket sembako bagi masyarakat bantaran sungai.

"Ada sekitar 100 paket sembako yang dibagikan kepada masyarakat di sekitar Kali Ciliwung. Diharapkan bantuan tersebut dapat meringankan beban ekonomi masyarakat yang membutuhkan," tutup AKBP Ganis.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment