Polsek Indramayu Gotong Royong Bersihkan Selokan Guna Antisipasi Banjir

22 October 2022 - 12:23 WIB
Foto : (jurnalpolri.com)

www.tribratanews.com - Indramayu. Personel Polsek Indramayu bersama beberapa anggota bersinergi dengan pemerintah setempat serta masyarakat melaksanakan gotong royong membersihkan saluran air/selokan di Desa Waru, Kecamatan Lohbener, Kabupaten Indramayu, Jumat (21/10/22).

Nampak terlihat Polisi bahu membahu mengangkat lumpur yang berada didalam selokan dengan menggunakan alat seadanya guna mengantisipasi banjir saat musim hujan.

Kapolres Indramayu Polda Jabar, AKBP M Lukman Syarif, S.I.K., M.H., mengatakan, kegiatan ini dilakukan karena sudah banyak terlihat tumpukan tanah dan sisa sisa material di selokan. Kondisi ini dikhawatirkan akan terjadi penyumbatan pada selokan yang bisa menyebabkan banjir, apalagi saat ini intensitas terjadinya hujan hampir setiap hari.

Baca juga : Polri bersama TNI dan Warga Gotong Royong Bangun Jembatan Baru di Bangli

“Kegiatan tersebut sebagai wujud kepedulian, bakti Sosial Jumsih (jumat bersih) yang dilakukan yaitu membersihkan saluran air/selokan sepanjang kurang lebih 900 meter dengan menggunakan alat seperti cangkul, parang, sapu, gerobak dll,” jelas Kapolres Indramayu, dikutip dari jurnalpolri.com.

Sementara Kabid Humas Polda Jabar Kombes. Pol. Ibrahim Tompo S.I.K. M.Si., mengimbau, agar warga masyarakat waspada dengan perubahan cuaca yang bisa berubah setiap saat, kurangi bepergian yang kurang penting saat cuaca hujan dan jangan lupa tetap jaga kebersihan serta jangan membuang sampah disungai yang bisa mengakibatkan selokan tersumbat dan dapat menyebabkan banjir.

“Selain dapat mengakibatkan banjir, apabila selokan tersumbat juga dapat menjadi sarang nyamuk untuk berkembang biak sehingga menimbulkan berbagai macam penyakit seperti demam berdarah,“ terang Kabid Humas.

Dikesempatan yang sama Kepala Desa Waru Kardam mengucapkan, terima kasih kepada Kapolsek Lohbener dan Anggota yang telah membantu giat baksos jumsih tersebut.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini Polri bersama pemerintah dan masyarkat akan semakin solid dan bersinergi dalam menjaga harkamtibmas,” ungkap Kepala Desa Waru.

(rz/hn/um)


Share this post

Sign in to leave a comment