Polda dan KPU Kepri Gelar Sosialisasi Tahapan Pungut dan Rekap Suara Pemilu 2024

8 January 2024 - 14:00 WIB
Source Foto: Dok. Polda Kepri

Tribratanews.tribratanews.com - Kepulauan Riau. Polda Kepulauan Riau (Kepri) bersama KPU Provinsi melaksanakan sosialisasi salah satu tahapan dalam Pemilu 2024, yakni pungut dan rekap suara.

Kegiatan sosialisasi itu dilaksanakan pada Senin (8/1/24) di Gedung Lancang Kuning Mapolda Kepri, dan dihadiri oleh Karendalopsda OMB Seligi 2023-2024, Kombes Pol. Ulami Sudjaja, S.H., Anggota KPU Provinsi Kepri Ferry M. Manalu, Para Kasubsatgas OMB Seligi 2023-2024, Kaposko OMB Seligi 2023-2024 dan seluruh personel satgas OMB Seligi 2023-2024. Pada hari Minggu (7/12/2024).

"Kami menyambut hangat kegiatan sosialisasi dari rekan-rekan KPU. Tentu ini akan sangat berguna untuk seluruh personel supaya lebih bersiap menghadapi 14 Februari 2024 mendatang," ujar Kombes Pol. Ulami Sudjaja, S.H.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Panggil 11 Tersangka Kasus Pornografi

Anggota KPU Provinsi Kepri, Ferry M. Manalu, memberikan gambaran menyeluruh mengenai ketentuan dan mekanisme pemungutan serta penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Fokus paparan dari Ferry M. Manalu terletak pada peran penting pemantau terdaftar dan pewarta yang diwajibkan menunjukkan identitas mereka kepada Ketua KPPS. Ia juga memaparkan hak pemilih, tugas KPPS, serta tata cara dan syarat sahnya suara dalam proses demokrasi.

Sementara itu, Karendalopsda OMB Seligi 2023-2024 memberikan gambaran mengenai Operasi Mantap Brata Seligi 2023-2024 serta strategi penanganan TPS pada pemilu. Rincian jadwal dan tahapan pemungutan serta penghitungan suara, dari pra pemungutan hingga pengumuman hasil, menjadi sorotan utama dalam sesi tersebut.

“Acara ini diselenggarakan dengan harapan agar masyarakat dapat lebih mendalami proses demokrasi dan turut aktif dalam partisipasi pemilihan umum ke depan. Polda Kepri dan KPU Provinsi Kepri menegaskan bahwa keterlibatan publik serta transparansi menjadi kunci utama bagi kesuksesan jalannya proses demokrasi yang berintegritas dan berkualitas,” tutup Kombes Pol. Ulami Sudjaja, S.H.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment