Modifikasi Mobil Patroli Demi Membantu Masyarakat

22 August 2023 - 20:30 WIB
Foto: Republika

Tribratanews.tribratanews.com - Trenggalek. Personel Kepolisian di Kabupaten Trenggalek, Jatim memodifikasi mobil patroli mereka, menjadi mobil tangki air yang dipergunakan untuk menyalurkan air bersih dan membaginya secara gratis pada masyarakat Trenggalek.

"Ya ini inisiatif kami untuk membantu warga yang membutuhkan air bersih," kata Kapolres Trenggalek, AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si., di Trenggalek, Pada Senin (21/8/23).

Modifikasi mobil ini dilakukan oleh jajaran Polsek Panggul, Polres Trenggalek. Ide ini muncul karena adanya keluhan dari masyarakat tentang kebutuhan air bersih yang mulai sulit, karena dilanda musim kemarau yang berkepanjangan. Bahkan ada beberapa wilayah yang masyarakatnya harus menempuh perjalanan jauh untuk bisa mendapatkan air bersih.

Melihat masalah tersebut, anggota Kepolisian setempat dengan sigap menjawab permasalahan tersebut dengan cara memodifikasi mobil patroli menjadi mobil tangki air yang airnya diambil dari Mapolsek tersebut kemudian dibagikan kepada warga-warga yang terdampak dan yang berada di titik-titik krusial.

Baca Juga:  Anggota Polri Raih Australia Awards Short Course

Kegiatan itu disebut sebagai patroli sambang tirta. Selain patroli keamanan juga sekaligus jembatan pemenuhan kebutuhan air bersih bagi warga terdampak. Menurut AKBP Gathut, modifikasi serupa bisa ditiru oleh jajaran lain, mengacu pada kebutuhan warga akan air bersih.

“Kehadiran Polri haruslah membawa manfaat untuk masyarakat banyak. Termasuk di antaranya membantu mengatasi kekurangan air bersih," ujarnya.

Patroli sambang tirta ini akan dilakukan secara periodik serta bergilir di titik-titik krusial di 17 desa yang masuk wilayah hukum Polsek Panggul. Sontak, kehadiran mobil tandon berjalan itu langsung diserbu warga dengan membawa seabrek ragam jenis wadahnya, mulai dari galon hingga ember.

Wajar saja, sebab beberapa daerah di Panggul selama ini kerap jadi langganan kekeringan. "Semoga bermanfaat untuk masyarakat," ungkapnya.

(pt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment