Kemenko PMK Ajak Orang Tua Edukasi Anak PHBS Saat Ramadan

28 March 2023 - 16:40 WIB
rri.co.id

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Para orang tua diminta untuk memberikan edukasi sejak dini mengenai pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada anak-anak. Apalagi, momen Ramadan bisa dimanfaatkan untuk orang tua menggencarkan edukasi tersebut.

"Anak-anak adalah generasi penerus bangsa yang perlu diberikan contoh perilaku hidup bersih dan sehat sejak dini. Dengan menerapkan PHBS selama Ramadan, orang tua secara tidak langsung memberikan edukasi kepada anak-anak tentang pentingnya PHBS," ujar Asisten Deputi Peningkatan Pelayanan Kesehatan Kemenko PMK Nia Reviani. ujarnya dilansir dari rri.co.id, Senin (27/3/23).

Nia mengungkapkan, keteladanan dan contoh yang ditunjukkan orang tua akan lebih memiliki makna. Tentunya, jika dibandingkan sebuah nasihat atau kata-kata. Jika orang tua secara konsisten melakukan praktik PHBS dalam kegiatan sehari-hari. Maka akan menjadi contoh baik bagi anak-anak.

“enerapan perilaku hidup bersih dan sehat selama bulan suci Ramadan juga dapat berdampak positif. Khususnya bagi lingkungan sekitar. Misalnya, dengan tidak membuang sampah sembarangan, membersihkan tempat ibadah atau tempat umum lainnya. Serta melakukan kerja bakti bersama dengan tetangga atau komunitas. Hal itu tentu dapat membuat lingkungan menjadi lebih indah dan nyaman," tambahnya.

Ia menambahkan, untuk itu pihaknya terus mendorong optimalisasi sosialisasi dan edukasi mengenai pentingnya penerapan PHBS. Sehingga dapat menjadi gaya hidup di tengah masyarakat.

"Mari kita tingkatkan kesadaran untuk menerapkan PHBS selama Ramadan demi meningkatkan kualitas hidup sebagai Muslim yang taat dan sehat. Karena bulan suci yang penuh berkah dan keutamaan ini merupakan momentum yang baik untuk meningkatkan kualitas kesehatan fisik dan mental," tutupnya.

Share this post

Sign in to leave a comment