Kapolda NTT Pastikan Kesiapan Bantuan Pasca Erupsi Gunung Lewotobi Lakilaki di Flores Timur

4 January 2024 - 15:17 WIB
Dok. Polda NTT

Tribratanews.tribratanews.com - Kupang. Polda NTT bersama TNI dan instansi terkait siap memberikan bantuan dan pertolongan kepada masyarakat yang terdampak erupsi gunung Lewotobi Lakilaki di Flores Timur. Hal tersebut disampaikan Kapolda NTT, Irjen. Pol. Drs. Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H., usai memimpin Apel Kesiapan Bencana, Kamis (4/1/24).

"Pengecekan peralatan dapur lapangan, alat angkutan, serta peralatan kesehatan dan ambulance telah dilakukan untuk memastikan kesiapan dalam memberikan pertolongan kepada korban bencana. Peralatan ini akan segera didekatkan ke lokasi bencana, memastikan masyarakat mendapatkan pertolongan dan bantuan yang diperlukan,” jelas Kapolda.

Irjen. Pol. Drs. Daniel Tahi Monang Silitonga juga mengajak semua untuk bersama-sama berbagi suka dan duka dengan saudara-saudara di enam kecamatan yang terdampak. Ini menjadi bukti nyata bahwa pihak Kepolisian yang siap membantu masyarakat menghadapi penderitaan akibat bencana.

Baca Juga: Kapolda Gorontalo Resmikan Rusun Ditpolairud T.314
Kapolda juga mengimbau terkait penyebaran berita palsu di media sosial terkait bencana di Flotim. Masyarakat diimbau agar tidak percaya pada informasi palsu. Sebagai contoh konkret, Kapolda melakukan video call untuk memeriksa informasi tentang tempat pengungsi yang jauh dari dapur makanan, menegaskan pentingnya kewaspadaan terhadap berita hoaks.

“Polda NTT berkomitmen untuk melakukan yang terbaik dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Masyarakat diimbau untuk tetap waspada, bersatu, dan tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan,” ungkap Kapolda.

Diketahui, status siaga III telah diterapkan untuk mengantisipasi perkembangan situasi yang mungkin terus meningkat. Kesiapan untuk tindakan pertolongan dan bantuan pun dilakukan Kepolisian kepada masyarakat.

(bg/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment