Kapolda Jateng Tanam Ribuan Pohon di Kawasan Penyangga Air Gunungpati Semarang

24 August 2023 - 16:00 WIB
Foto: Humas Polri

Tribratanews.tribratanews.com - Semarang. Polda Jateng melaksanakan penanaman pohon untuk mencegah perubahan iklim agar lingkungan menjadi lebih baik. Dengan tema Lestarikan Negeri Penghijauan sejak dini, jajaran Polda Jateng menanam hampir 40 ribu pohon yang berlokasi di sekitar Waduk Jatibarang Kecamatan Gunungpati Semarang.

“Penanaman pohon di lakukan dengan berbagai tanaman pohon keras seperti Trembesi, Mahoni dan Beringin yang disesuaikan dengan karakteristik wilayah masing-masing,” ungkap Kapolda Jateng Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.St.Mk., S.H., Rabu (23/8/23).

Baca Juga:  Kapolda Jatim Laksanakan Ground Breaking Bangunan Polri di Kawasan Industri dan Pelabuhan JIIPE

“Pelaksanaan di wilayah Gunungpati yang merupakan waduk dalam rangka menjaga ketersediaan air bersih di wilayah Semarang dan sekitarnya, di samping itu juga untuk mengatasi banjir di banjir kanal barat saat musim penghujan,” tambah Kapolda.

Irjen. Pol. Ahmad Luthfi juga mengatakan beberapa kegiatan preemtif dan preventif terkait kekeringan yang melanda sejumlah wilayah menjadi perhatian, yang pertama terkait peristiwa kebakaran dan yang kedua terkait bantuan air bersih.

“Kita sudah petakan di masing-masing polres dan sudah dikendalikan Karoops Polda Jateng untuk menyiapkan rencana kesiapan menghadapi kemarau guna membantu daerah-daerah yang mengalami kekeringan melalui pasokan air bersih,” ungkap Kapolda.

(bg/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment