Indonesia Kirimkan Bantuan Kemanusiaan untuk Papua Nugini dan Afghanistan

9 July 2024 - 13:00 WIB
RRI

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Presiden RI. Ir. H. Joko Widodo melepas bantuan kemanusiaan Indonesia untuk Papua Nugini dan juga Afghanistan. Bantuan secara langsung dilepas Kepala Negara di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Senin (8/7/24).

Bantuan yang dikirim Indonesia untuk Papua Nugini sebesar Rp18 miliar berupa obat-obatan, makanan, hygiene kit. Sedangkan untuk Afghanistan sebesar Rp17,5 miliar yang terdiri dari 10 jenis bantuan, yang hampir sama.

"Kita harus membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah, karena itu hari ini akan kita kirimkan bantuan kemanusiaan. Untuk saudara-saudara kita yang tertimpa musibah di Papua Nugini maupun di Afghanistan," ungkap Jokowi dalam keterangan di Lanud Halim Perdanakusuma.

Papua Nugini sebelumnya dilanda musibah tanah longsor dahsyat. Bencana tersebut terjadi di wilayah Engga, Papua Nugini. Sementara Afghanisan dilanda bencana gempa bumi yang mengakibatkan banyak korban jiwa dan banyak warga yang mengungsi.

"Semoga bantuan ini dapat membantu meringankan saudara-saudara kita di Papua Nugini dan Afghanistan. Dan membuat mereka segera bangkit kembali," jelas Presiden yang didampingi Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Selain itu juga ada pula delegasi yang dikirim bersamaan dengan pengiriman bantuan kemanusiaan tersebut. Kepala Negara berpesan agar mereka menjalankan tugas dengan sebaik mungkin dan kembali ke Tanah Air dalam keadaan sehat.

(rz/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment