Cegah penyebaran Hoaks Vaksin Sinovac, Polda Aceh Gencarkan Patroli Cyber

14 January 2024 - 12:06 WIB
www.tribratanews.com- Banda Aceh. Kepolisian Daerah (Polda) Aceh meningkatkan patroli cyber di jagat maya untuk memantau akun-akun yang menyebarkan informasi hoaks termasuk ujaran kebencian terkait isu atau kebijakan pemerintah.

Salah satu yang sedang gencar dilakukan adalah memantau penyebar informasi hoaks terkait vaksin Covid-19 yang sedang dilakukan oleh pemerintah saat ini.

Hal itu disampaikan oleh Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy saat berkunjung dan bersilaturahmi ke Kantor Harian Serambi Indonesia di Meunasah Manyang PA, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Rabu (13/1/2021). Kedatangannya disambut Pemimpin Redaksi Serambi Indonesia, Zainal Airifin.
"Kita meningkatkan, melakukan patroli cyber hal terkait berita hoaks, menyebarkan kebencian atau hate speech. Jika kita dapat akan kita berikan kepada satker yang berwenang, dan kita tidak segan-segan untuk melakukan penegakan hukum. Seperti yang baru-baru ini kita lakukan di Simeulue, ada yang menyebarkan hoaks soal vaksin Sinovac," kata Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy.

Terkait hoaks vaksinasi yang beredar di masyarakat belakangan ini, Kombes Winardy menyebutkan, masyarakat cenderung negatif bahkan emosional karena beberapa hal, seperti memperoleh informasi salah, bertanya kepada orang yang kurang tepat, ada juga mereka yang ikut-ikutan.

"Tapi bagi yang positif, mereka menerimanya dengan rasional, masyarakat yang menerimanya dengan rasional pasti mendapat informasi dari sumber yang benar. Yakin kalau vaksin ini bisa digunakan, aman, karena mereka menyerap informasi dari sumber yang benar," kata Kabid Humas Polda Aceh.



(bb/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment