Cegah Karhutla, Polda Kalteng Gunakan Teknologi Informasi untuk Deteksi Karhutla

26 April 2024 - 09:51 WIB
www.tribratanews.com- Palangkaraya. Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah siapkan personelnya menghadapi musim kemarau, dengan dilengkapi alat informasi dan teknologi untuk mendeteksi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Polda Kalteng menggelar apel pasukan dan sarana prasarana, untuk memastikan seluruh peralatan dapat dipergunakan saat terjadi karhutla Kalteng. Termasuk, semua personel yang akan diterjunkan.


Demikian dikatakan Kabid Humas Polda Kalteng, Kombes Kismanto Eko Saputro, Minggu (25/4/2021), terkait persiapan mencegah karhutla.

"Semua personel sudah dilatih menggunakan peralatan yang telah disiapkan, jika terjadi kebakaran lahan," tegasnya.


Selain menggunakan peralatan dasar, Polda Kalteng juga didukung teknologi IT dalam mendeteksi dan memonitor karhutla di wilayah.

"Baik personel dan sarpras, sudah siap. Sekarang bagaimana menyadarkan masyarakat untuk tidak membakar lahan," ujarnya.

Selain itu, Kabid Humas Polda Kalteng meminta masyarakat agar bijak dalam mengelola lahan selama musim kemarau. Mengingat, cuaca panas akhir-akhir ini sangat rentan terjadi kebakaran lahan dan hutan.

"Tentunya ada cara yang lebih arif dan pas dalam membuka lahan. Tidak harus dengan cara dibakar," imbaunya.

Kapolda Kalteng juga telah mengeluarkan maklumat terkait pemberian sanksi pidana bagi para pelaku karhutla, baik secara individu maupun korporasi yang terus disosialisasikan personel bhabinkamtibmas di lapangan


(bb/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment