Cegah Karhutla, Polda Kalsel Rutin Laksanakan Patroli Hutan

6 August 2020 - 12:18 WIB
www.tribratanews.com- Banjarbaru. Sebagai bentuk kesiapsiagaan dalam penanganan karhutla, Polda Kalsel akan rutin menggelar patroli hutan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang kerap melanda daerah Kalimantan Selatan.

"Kami menghimbau kepada seluruh personil Polri dari tingkat Polda, Polres dan Polsek jajaran untuk sering melakukan patroli antisipasi Karhutla. Kami juga mengimbau untuk melakukan patroli hutan dan lahan agar kebakaran tidak terjadi di wilayah hukum Polda Kalsel," kata Kapolda Kalsel Hasil Irjen. Pol. Dr. Nico Afinta Karo-Karo, S.I.K., S.H., M.H., Rabu (5/8/2020).

Polda Kalsel juga telah menggelar simulasi penanganan Karhutla 2020. Simulasi penanganan Karhutla dilakukan di mawasan Guntung Damar, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalsel. Simulasi ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan sinergitas dalam rangka penanggulangan Karhutla secara proporsional dan profesional antar semua elemen. Semua jenis bencana, dapat dikatakan penyebabnya adalah ulah manusia, seperti kerusakan lingkungan dan kebakaran yang telah mengancam di tengah kehidupan masyarakat. "Diperlukan upaya penanggulangan Karhutla di wilayah Kalimantan Selatan sehingga harus dilakukan upaya-upaya sedini mungkin baik pada waktu sebelum, saat kejadian dan setelah kejadian," ujar Kapolda. Selain itu, Kapolda menjelaskan penanganan kebakaran hutan dan lahan harus dilakukan secara terkoordinasi dan kerjasama terpadu yang tidak hanya melibatkan Polri, TNI dan Pemerintah saja bahkan seluruh lapisan masyarakat, swasta dan relawan. "Semua instansi terkait, relawan dan masyarakat mempunyai peran penting dalam penanggulangan Karhutla di Bumi Lambung Mangkurat sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing," tegasnya. (bb/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment