Binmas Noken Polri Lewat program Polisi Pi Ajar Hadirkan Pendidikan bagi Anak Anka wilayah Tolikara Papua

19 August 2024 - 11:49 WIB
www.tribratanews.com - Tolikara- Rangkaian program Binmas Noken (satgas Binmas yang hanya ada di Papua) cukup beragam, salah satunya Polisi Pi Ajar. Seperti yang dilakukan Iptu Widada, Brigpol Petrus, Briptu Yordan, Bripka rambo dan Bripda Derek di Desa Kolengger Distrik Karubaga, Tolikara Papua.

Kehadiran 5 personil Binmas Noken di Kamis 19/8/2021 pagi tersebut diawali dengan koordinasi dengan Bapa Kepala suku, Bpk Emas Bogum, seyogyanya adat ketimuran, meminta ijin yang tertua agar mendapat kelancaran dalam melaksanakan kegiatan Polisi Pi Ajar “Kula Ula” di wilayah tersebut.

Setelah mendapat restu, kegiatan selanjutnya adalah Calistung (baca, tulis, dan berhitung). Hal ini seolah hal yang lumrah bagi adik-adik seusia mereka, namun di wilayah pegunungan Tolikara, akses masih belum memadai sehingga jumlah tenaga pendidik di sana masih sangat kurang.

Anak anak turut belajar calistung sekaligus bernyanyi lagu kebangsaan dan mendengar ajaran wawasan Kebangsaan serta Kebhinekaan dari kakak-kakakBinmas Noken. Keceriaan yang berlangsung dari jam 09.00 WIT hingga 11.30 WIT tersebut walau sekejap namun menjadi kesenangan bagi adik-adik Desa Kolengger. Diharapkan melalui kegiatan Polisi Pi ajar, masyarakat dapat merasakan perhatian Polri terhadap Pendidikan anak usia Dini serta jalinan silaturahim antara kepolisian dan komponen Masyarakat, sehingga masyarakat merasakan kehadiran Polri sebagai Mitra yang melayani. Selain itu kegiatan positif tersebut akan ditingkatkan sehingga mereduksi kegiatan negatif atau ajakan melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat.

Kedekatan dengan tetua / kepala suku juga menjadi panutan bagi masyarakat sehingga kedepannya para tokoh masyarakat diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mendukung kamtibmas dan Polri di wilayah Papua

Share this post

Sign in to leave a comment