Binmas Noken Dampingi Pelatihan Agrobisnis Kelompok Tani Wilayah Dist. Karubaga, Kabupaten Tolikara.

17 September 2024 - 12:31 WIB
www.tribratanews.com - Papua- Binmas Noken Polri turut serta dalam pembangunan sumber daya manusia dan perekonomian di Papua. Program KASUARI (Kesejahteraan bagi anak Negeri), memfokuskan pada peningkatan ekonomi dan pangan khususnya bagi kelompok tani, kelompok peternak dan pembudidaya ikan.

Kegiatan Kasuari Binmas Noken pada Kamis, 16 September 2024 bekerjasama dengan dinas Pertanian, memberi pelatihan agrobisnis bagi kelompok tani wilayah Desa Ampera, Dist. Karubaga, Kabupaten Tolikara.Pelatihan agrobisnis ini bertempat di aula GIDI. Dimulai pukul 09.00WIT dan dihadiri Personil Binmas Noken Iptu Widada, Brigpol Petrus Hamokwarong, Briptu Yordan P. Bonay. Sedangkan Perwakilan dari Dinas Pertanian yaitu Bpk Ir. Palasang Latuconsina.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Sekda kab. Tolikara Bpk Anton Wakarwani, selanjutnya laporan ketua panitia kepala Dinas Pertanian perikanan kab. Tolikara Bpk Ir. Palasang Latuconsina.
Penyampaian Materi meliputi : Pengolahan Kopi ( pengupasan kulit, Roasting dan penggilingan ) oleh Bpk Bucek; Cara pembuatan Bubuk jahe merah instan oleh Ibu Muria; Cara pengolahan / Pembuatan selai Nanas okeh Ibu Siti. H.; Strategi pemasaran oleh Ibu Rini .D. selanjutnya setelah istirahat peserta pelatihan menuju tempat Praktek, untuk mengikuti praktek atau aplikasi dari materi Teori.

Setelah praktek, selanjutnya Peserta pelatihan kembali ke Aula Gidi untuk mengikuti penutupan pelatihan oleh kepala Dinas Pertanian Perikanan Bpk Ir. Palasang Latuconsina.
Adanya pelatihan tersebut menjadikan para petani paham mengolah hasil pertanian menjadi produk yang mempunyai nilai tambah dalam Ekonomi. Selain itu kehadiran pemerintah dan Binmas Noken Polri menguatkan ikatan kemitraan Polri dan masyarakat dalam menjaga situasi Kamtibmas tetap

Share this post

Sign in to leave a comment