KemenPPPA Dorong Pihak Desa Lebih Ramah Anak dan Pemerintah

23 July 2024 - 08:30 WIB
Kominfo

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) mendorong para pihak desa di tanah air, baik pemerintah desa maupun pemangku kepentingan terkait, agar memastikan desa mereka lebih ramah perempuan dan peduli anak.

"Sampai di level desa, kami mendorong adanya desa yang lebih ramah perempuan dan peduli anak," ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Kesetaraan Gender KemenPPPA Indra Gunawan, Senin (22/7/24).

Selain mendorong desa bertransformasi menjadi desa yang ramah perempuan dan peduli anak, Plt. Deputi Indra menyampaikan KemenPPPA juga mendorong pemerintah desa agar memanfaatkan dana desa untuk menghadirkan beragam kegiatan ataupun program yang menghapus diskriminasi terhadap perempuan dan memberdayakan perempuan.

"Serta tentunya, pemanfaatan dana desa kami harapkan bisa dimanfaatkan untuk upaya-upaya terkait isu-isu perempuan. Ini kami juga terus melakukannya," ujar Plt. Deputi Indra.

Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) merupakan desa yang mengintegrasikan perspektif gender dan hak anak dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan desa, serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa, yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, berkelanjutan, sesuai dengan visi pembangunan Indonesia 

(ndt/pr/nm)

in PPPA

Share this post

Sign in to leave a comment