Pembalap Pramac Racing Jorge Martin Juara Pertama dalam Race MotoGP Jepang 2023

2 October 2023 - 11:30 WIB
Foto: cnnindonesia

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Pembalap Pramac Racing Jorge Martin menjadi juara MotoGP Jepang 2023 di Sirkuit Motegi, Minggu (1/10/23). Jorge Martin langsung memimpin balapan seketika lampu hijau menyala. Jack Miller yang menempati posisi ketiga lantas membuntuti Martin. Sementara Francesco Bagnaia berada di belakangnya.

Faktor cuaca kemudian memaksa para pembalap menuju pit untuk berganti motor yang dilengkapi ban untuk mengarungi balapan di bawah guyuran hujan. Sementara mayoritas pembalap berganti motor, ada sebagian kecil yang tetap melaju di lintasan seperti Michele Pirro, Fabio Quartararo, dan Franco Morbidelli.

Martin memimpin rombongan pembalap yang keluar dari pit dengan motor yang menggunakan ban slick. Martin sempat melebar pada tikungan ketiga. Aleix Espargaro pun menjadi pemimpin rombongan. Memasuki lap keenam Martin melakukan gerilya dengan menyalip Marco Bezzecchi, Marquez, dan Bagnaia. Pembalap tim Pramac Ducati itu juga mengambil alih posisi pemimpin balapan dari Espargaro.

Baca Juga:  Hasil Sprint Race MotoGP Jepang 2023: Pembalap Pramac Racing Jorge Martin Menang

Jarak antara Martin dan Bagnaia kemudian berada di kisaran 0,7 hingga 1,2 detik. Saat Bagnaia mencoba memangkas jarak, persaingan di belakangnya juga berlangsung ketat. Marquez pun membayang-bayangi Bezzecchi. Marquez menempati posisi ketiga pada lap ke-12 setelah memenangi adu kebut di trek lurus.

Saat posisi podium dihuni Martin, Bagnaia, dan Marquez, bendera merah berkibar dan balapan dihentikan. Setelah lebih dari 20 menit, motor kembali keluar dari pit dan kembali mengaspal di lintasan yang basah. Start dilakukan berdasarkan posisi terakhir sebelum red flag berkibar.

Start kedua hampir berlangsung di MotoGP Jepang 2023, namun bendera merah berkibar lagi mengingat cuaca yang menyulitkan pembalap. Martin pun dinyatakan sebagai pemenang dalam laga kali ini dan berhak meraih poin penuh karena 50 persen balapan sudah terlaksana. Red flag berkibar pada lap ke-13 dari 24 lap yang direncanakan.

Hasil MotoGP Jepang 2023:

1. Jorge Martin

2. Francesco Bagnaia

3. Marc Marquez

4. Marco Bezzecchi

5. Aleix Espargaro

6. Jack Miller

7. Augusto Fernandez

8. Fabio Di Giannantonio

9. Raul Fernandez

10. Fabio Quartararo

(bg/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment