Berikut Beberapa Olahraga Meninggikan Badan

6 June 2022 - 08:34 WIB

Tribratanews.tribratanews.com - Tips meninggikan badan adalah salah satu hal yang paling sering dicari tahu oleh banyak orang. Gen memang sangat menentukan seberapa tinggi seseorang tumbuh. Namun Anda bisa bertambah tinggi dengan beberapa tips meninggikan bada secara efektif yang bisa Anda lakukan.

Beberapa faktor berkontribusi pada tinggi badan seseorang secara keseluruhan. Diperkirakan bahwa faktor genetik menyumbang 60 hingga 80% dari tinggi akhir Anda. Faktor lingkungan tertentu, seperti nutrisi dan olahraga, biasanya merupakan persentase yang tersisa. Minggu, (5/6/22).

Antara usia 1 dan pubertas, kebanyakan orang bertambah tinggi sekitar 2 inci setiap tahun. Setelah pubertas, Anda mungkin tumbuh dengan kecepatan 4 inci per tahun. Namun, setiap orang tentunya tumbuh dengan kecepatan yang berbeda. Seseorang biasanya berhenti tumbuh tinggi setelah melewati masa pubertas.

Meski demikian, ada hal-hal tertentu yang dapat dilakukan selama masa remaja untuk memastikan bahwa Anda memaksimalkan potensi pertumbuhan tubuh Anda. Tips meninggikan badan ini juga bisa terus Anda lakukan hingga dewasa untuk, mempertahankan tinggi badan.

1. Konsumsi Diet Seimbang

Tips meninggikan badan yang pertama adalah dengan mengonsumsi diet seimbang. Diet yang sehat dan seimbang diperlukan untuk perkembangan tubuh dan pikiran secara keseluruhan.

Makanan yang kaya vitamin dan mineral membuat sistem internal Anda bekerja dan juga mengurangi risiko penyakit kronis. Konsumsilah makanan seperti buah-buahan segar, sayuran, ikan, biji-bijian dan susu dalam diet Anda.

Makanan-makanan itu dapat membantu memperkuat tulang dan memaksimalkan potensi pertumbuhan Anda. Dua nutrisi yang paling penting adalah Kalsium dan Vitamin D yang meningkatkan kepadatan tulang.

2. Olahraga

Tips meninggikan badan yang kedua adalah dengan olahraga. Berolahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah menambah tinggi badan. Olahraga teratur dapat meningkatkan kesehatan, memperkuat otot, tulang, dan membantu menjaga berat badan yang sehat.

Tetap aktif secara fisik bahkan lebih penting sejak masa kanak-kanak untuk tumbuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Berolahraga di masa dewasa juga dapat membantu menambahkan beberapa inci ke tinggi badan Anda.

Lakukan olahraga yang membangun kekuatan, yoga, lompat tali, dan bersepeda. Jenis-jenis olahraga tersebut semuanya dapat membantu meningkatkan fleksibilitas Anda dan membuat tubuh tumbuh beberapa inci lebih tinggi.

3. Praktikkan Postur Tubuh yang Baik

Tips meninggikan badan yang ketiga adalah dengan mempraktikkan postur tubuh yang baik. Bahu yang bungkuk, leher menunduk, dan tulang belakang yang melengkung dapat membuat penampilan menjadi beberapa inci lebih pendek dari tinggi badan Anda yang sebenarnya.

Jika Anda tidak segera memperbaiki postur tubuh ini, kurva Anda dapat bergeser untuk mengakomodasi postur yang baru. Ini juga akan menyebabkan rasa sakit di leher dan punggung.

Saat menggunakan laptop atau hanya sekadar bermain ponsel, lakukanlah sambil memeriksa postur agar tetap berada di bentuk yang prima. Saat Anda harus duduk seharian di depan laptop, letakkan bantal di punggung untuk memperbaiki postur tubuh.

4. Istirahat yang Cukup pada Malam Hari

Tips meninggikan badan yang keempat adalah dengan beristirahat yang cukup pada malam hari. Terkadang, mengurangi waktu tidur selama beberapa jam tidak akan banyak menghalangi pertumbuhan Anda. Namun jika hal itu menjadi hal yang biasa, kebiasaan ini akan berdampak pada tinggi badan, terutama di masa remaja.

Saat Anda tidur, tubuh melepaskan hormon pertumbuhan manusia (HGH). Produksi hormon ini turun ketika Anda gagal mendapatkan jumlah yang cukup untuk menutup mata. Jadi, cobalah untuk mendapatkan jumlah tidur dan istirahat yang cukup agar tetap bugar dan sehat.

5. Konsumsi Suplemen

Tips meninggikan badan yang kelima adalah dengan mengonsumsi suplemen. Makanan yang Anda makan adalah sumber utama vitamin dan mineral yang membantu tubuh untuk tumbuh dan tetap sehat.

Meski demikian, terkadang makanan tidak dapat menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, untuk memenuhi persyaratan, Anda bisa menambahkan suplemen ke dalam diet harian Anda.

Bagi sebagian orang, suplemen dapat membantu menambah tinggi badan pada anak-anak dan memerangi penyusutan pada orang dewasa yang lebih tua. Suplemen seperti HGH sintetis, Vitamin D atau kalsium terbukti sangat bermanfaat bagi mereka yang mencoba menambah tinggi badan beberapa inci.

6. Praktikkan Yoga

Tips meninggikan badan yang keenam adalah dengan mempraktikkan yoga. Ya, yoga dapat digunakan untuk memaksimalkan tinggi badan Anda. Jika latihan postur yang ditargetkan bukan pilihan Anda, cobalah yoga.

Latihan seluruh tubuh ini dapat memperkuat otot, menyelaraskan tubuh, dan membantu postur Anda. Yoga akan membantu Anda berdiri dengan lebih tinggi. Anda dapat berlatih yoga secara nyaman di rumah sendiri atau dalam pengaturan kelompok di gym atau studio setempat.

Sumber: merdeka.com

Share this post

Sign in to leave a comment