Berikut Beberapa Manfaat Olahraga Pushup Untuk Kesehatan

22 May 2022 - 23:10 WIB

Tribratanews.tribratanews.com - Manfaat push up sangat beragam seperti menguatkan otot, tulang, menurunkan berat badan. Manfaat tersebut dapat dirasakan apabila olahraga tersebut dilakukan secara rutin. Minggu, (22/5/22).

Push up merupakan olahraga sederhana yang mudah dilakukan. Manfaat push up juga sangat banyak. Manfaat tersebut dapat dirasakan apabila olahraga tersebut dilakukan secara rutin. Olahraga push up melibatkan otot bagian atas dan bisa melatih otot bisep, trisep, dada, dan bahu.

Berikut beberapa manfaat olahraga push up untuk kesehatan :

1. Memperkuat otot bahu

Gerakan olahraga push up diketahui efektif menguatkan otot di sekitar sendi bahu. Maka tak heran jika mereka yang sering push up biasanya memiliki bahu yang bidang.
Olahraga ini membuat banyak otot bergerak seperti otot dada, lengan, punggung atas dan inti, otot kaki, serta pinggul.

2. Menambah kekuatan dan massa otot

Manfaat push up lainnya yaitu bisa menambah kekuatan dan massa otot. Sebab gerakan push up memiliki banyak variasi yang memiliki manfaat tersendiri.

3. Memelihara kesehatan jantung

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa pria yang melakukukan push up sebanyak 40 kali berturut-turut, dapat terhindar dari penyakit jantung hingga 96% dibandingkan yang tidak bisa push up sebanyak 10 kali. Para peneliti juga menyebutkan bahwa melakukan push up 11 kali bisa menurunkan risiko penyakit jantung 64%.

4. Meningkatkan jumlah tertosteron

Manfaat push up untuk pria juga dipercaya bisa memperbanyak terstosteron dalam tubuh. Testosteron adalah hormon yang terdapat di pria dan memberikan pengaruh terhadap karakter pria. Misalnya suara berat, rambut di wajah, dan fungsi seksual.

5. Mengencangkan payudara

Selain untuk pria, olahraga push up juga bermanfaat untuk wanita. Manfaat push up bagi wanita yaitu busa membantu mengencangkan payudara. Dengan olahraga payudara bisa lebih sehat dan kencang.

7. Menjaga keseimbangan tubuh

Manfaat push up untuk kesehatan lainnya yaitu bisa membantu menyeimbangkan tubuh. Hal tersebut dikarenakan olahraga push up dapat membantu membentuk kekuatan otot dan berpengaruh ke keseimbangan tubuh. Pada orang tua atau lansia, efek tersebut bisa mengurangi risiko cidera saat terjatuh.

8. Mencegah sarcopenia

Sarcopenia adalah gangguan kesehataan yang terjadi akibat massa otot mengalami penurunan. Kondisi ini biasanya banyak dialami para lansia. Sehingga tubuhnya menjadi lebih remah. Gangguan kesehatan tersebut diketahui lebih cepat terjadi pada orang yang jarang olahraga.

9. Memperbaiki postur tubuh

Manfaat push up lainnya yaitu bisa memperbaiki postur tubuh. Olahraga ini diketahui bisa meluruskan punggung sehingga tubuh menjadi lebih tegak ketika berdiri.

Share this post

Sign in to leave a comment