Tidak Benar! Konsumsi Air Dingin Saat Cuaca Panas Dapat Sebabkan Pembuluh Darah Pecah

6 May 2023 - 21:00 WIB
Foto: Turnbackhoax.id

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Beredar sebuah pesan berantai di Whatsapp yang berisi informasi, minum air dingin atau es di saat cuaca panas dapat menyebatkan pembuluh darah kecil pecah atau meledak.

Faktanya, menurut dokter spesialis penyakit dalam dari RS Pondok Indah, Puri Indah, Jakarta, Muhammad Ikhsan Mokoagow, meminum air dingin setelah tubuh terpapar udara panas tidak akan memicu pembuluh darah meledak atau heat stroke.

Heat stroke sendiri merupakan kegagalan tubuh dalam melakukan pendinginan. baik dengan cara berkeringat atau melakukan penguapan kulit akibat suhu panas.

Baca Juga:  Menlu RI: Agenda KTT Asean ke-42 di Labuan Bajo

“Justru perendaman air es menjadi yang paling cepat dan efektif menangani heat stroke,” kata Muhammad Ikhsan, Jumat (5/5/23).

Ia menjelaskan, penanganan orang yang terkena heat stroke biasanya dengan disemprot air dingin untuk mengelap permukaan kulit pakai ice packs di area pangkal paha, ketiak, leher dan dada.

Maka, bisa dipastikan informasi yang mengklaim meminum air dingin atau es saat cuaca panas dapat menyebabkan pembuluh darah kecil pecah atau meledak adalah tidak benar/informasi menyesatkan. 

(as/hn/um)

in

Share this post

Sign in to leave a comment