Bisa Dicoba, Ini Jajanan Sehat yang Mudah Dibeli di Luar Rumah

3 October 2024 - 07:30 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Jajanan sehat bisa dijadikan camilan yang dimakan di antara waktu makan. Tak hanya itu, jajan sehat juga bisa dikonsumsi sebagai makan siang, terutama sedang tidak sempat makan berat.

Pilihan camilan yang tepat bisa memberikan energi yang diperlukan untuk aktivitas sehari-hari dan mendukung upaya menurunkan berat badan. Tak hanya itu, konsumsi jajanan sehat juga dapat mencegah risiko terkena penyakit, seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan stroke.

Jajanan sehat sebaiknya rendah gula, garam, dan lemak, serta diolah dengan cara yang sehat, seperti dipanggang, direbus, atau dikukus. Ini akan membantu menjaga asupan kalori dan nutrisi tetap seimbang, serta mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (30/9/24), berikut sederet pilihan jajanan sehat yang bisa dibeli di luar rumah, antara lain:

1. Kue putu ayu

Kue putu ayu merupakan kue tradisional Indonesia yang berbahan dasar tepung terigu, telur, dan gula. Jajanan sehat ini memiliki ciri khas warna hijau yang didapat dari pewarna alami daun pandan dan taburan kelapa parut di atasnya.

Konsumsi kue putu ayu tidak memengaruhi asupan kalori secara signifikan karena hanya mengandung sekitar 26 kalori setiap satu buahnya. Ekstrak daun pandan pada kue ini pun memiliki sifat antibakteri, antioksidan, dan antiperadangan yang dapat menurunkan tekanan darah, mengatasi sakit kepala, dan meredakan nyeri sendi.

2. Ubi bakar cilembu

Ubi bakar cilembu dikenal karena rasanya yang manis dan teksturnya yang unik. Saat dibakar atau dipanggang, ubi akan mengeluarkan cairan lengket seperti madu. Itulah mengapa ubi ini juga sering disebut ubi madu.

Ubi bakar cilembu bisa dikategorikan sebagai jajanan sehat karena hanya mengandung 86 kalori setiap 100 gram. Camilan ini juga mengandung vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan mata serta mengurangi peradangan pada tubuh.

3. Jus buah

Minum jus buah menjadi cara yang menyenangkan dan praktis untuk mengonsumsi buah-buahan. Jus buah juga memberikan variasi rasa dan bisa dikombinasikan dengan berbagai buah lain atau bahan, seperti yoghurt dan madu. Konsumsi jus buah secara rutin bisa mencegah sembelit dan memperkuat imun tubuh.

4. Rujak buah

Rujak buah merupakan salah satu camilan yang tidak bikin gemuk karena di dalamnya terdiri dari berbagai jenis buah segar. Jajanan sehat ini juga menawarkan kombinasi rasa manis, pedas, asam, dan gurih karena dipadukan dengan bumbu khas.

Rujak buah kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang dapat meningkatkan kesehatan saluran pencernaan serta menjaga kadar kolesterol dan gula darah tetap normal.

5. Bubur kacang hijau

Bubur kacang hijau termasuk jajanan sehat karena hanya mengandung 108 kalori per 100 gram. Hidangan ini tidak hanya lezat, tetapi juga bergizi karena kacang hijau mengandung protein, serat, dan berbagai vitamin serta mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

6. Kue bugis

Kue bugis adalah kue tradisional Indonesia yang terbuat dari bahan dasar tepung ketan dengan isian kelapa parut yang dicampur gula merah. Di dalam satu buah kue bugis mengandung sekitar 26 kalori. Hal inilah yang membuat kue bugis cocok dikonsumsi sebagai jajanan sehat.

Bahan dasar pembuatan kulit kue bugis ditambahkan dengan air daun suji. Tumbuhan ini bermanfaat dalam mendukung fungsi imun karena bersifat antioksidan dan antibakteri.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment