Polusi Udara Jakarta Memburuk, Insentif Diusulkan Ketua DPRD Untuk Pekerja Lapangan

13 August 2023 - 21:16 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Langit sore Jakarta terlihat redup menjadi sorotan karena dianggap udara polusi dan tidak sehat. Ketua DPRD Provinsi DKI, H. Prasetyo Edi Marsudi, S.H., menyatakan akan mengusulkan anggaran pemberian insentif bagi profesi yang rentan terkena paparan polutan.

Polisi Lalu Lintas (Polantas), petugas Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) merupakan pekerjaan yang dimaksud oleh Ketua DPRD karena pada dasarnya mereka bekerja setiap hari di jalanan dan berpotensi terganggu saluran pernapasan.

"Boleh sekarang sehat, tapi dalam jangka waktu panjang paparan polusi udara ini bisa bikin dia sakit. Ini yang mau kita usulkan di APBD 2024," ujar Prasetyo dalam keterangannya, Sabtu (13/8/23).

Tambahan penghasil bisa dianggarkan dalam APBD tahun 2024 mendatang, dengan adanya tambahan penghasilan Prasetyo mengatakan hasil tersebut bisa digunakan untuk menambah asupan makanan, vitamin dan obat-obatan agar tidak rentang sakit dalam bekerja.

Baca Juga:  Inilah Beragam Manfaat Dari Stress Ball Untuk Tubuh

"Diharapkan dapat digunakan untuk menambah daya tahan tubuh supaya petugas-petugas kita tetap prima. Ya kita harus berusaha mencegah lah," ujarnya.

Ketua DPRD itu mengatakan Pemprov DKI Jakarta terus berupaya menurunkan tingkat polusi udara di Jakarta dengan berkomunikasi intensif dengan kepala daerah penyangga Ibukota, juga instansi terkait.

"Nanti kita tunggu hasilnya, kebijakannya seperti apa," Jelasnya.

Jakarta berada pada posisi teratas di daftar kota di Indonesia dengan tingkat polusi terburuk pada Senin, 7 Agustus 2023. Indeks kualitas polusi udara Jakarta mencapai angka 186 dengan kategori tidak sehat. Berdasarkan data Indeks Kualitas Udara (AQI) Air.

(pt/pr/nm)

in Opini

Share this post

Sign in to leave a comment