Menteri PUPR Dorong Percepatan Proyek Air Korea Selatan di IKN

20 May 2024 - 20:30 WIB
Antaranews

Tribatanews.tribratanews.com - Bali. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Dr. Ir. Mochamad Basuki Hadimuljono, M.Sc, mendorong percepatan proyek Net Zero Water Supply Infrastructure Project di Ibu Kota Nusantara, ketika menghadiri pertemuan bilateral dengan Korea Selatan, Minggu (19/5/24).

“Saat ini, Kementerian PUPR telah membangun satu proyek SPAM berkapasitas 300 liter per detik di IKN. SPAM tersebut segera beroperasi pada Juli 2024. Namun, kami masih perlu dukungan Pemerintah Korea untuk mempercepat kolaborasi pembangunan SPAM lainnya di IKN tahun ini,” ujar Dr. Ir. Mochamad Basuki Hadimuljono.

Dr. Ir. Mochamad Basuki Hadimuljono juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Korea atas dukungan dan kolaborasi antara Indonesia-Korea yang tengah berjalan saat ini.

Dr. Ir. Mochamad Basuki Hadimuljono menambahkan bahwa saat ini, Net Zero Water Supply Infrastructure Project di IKN Nusantara tersebut sedang dalam proses penyelesaian DED.

Baca Juga: Dewa United Berhasil Bungkam RANS Simba Bogor 101-88

Seperti yang tertuang dalam MOU yang akan ditandatangani oleh Direktur Jenderal Pemukiman Manusia dan Wakil Presiden Divisi Bisnis Global K-Water, proyek tersebut ditargetkan mulai dibangun pada 2024.

“Pemerintah Indonesia juga mengucapkan terima kasih atas proyek kerja sama lain yang sedang berjalan, yaitu Pilot Project of Smart Water Management di Denpasar, Bali yang ditargetkan selesai tahun 2025,” ujar Menteri PUPR.

Selain itu, Dr. Ir. Mochamad Basuki Hadimuljono juga berterima kasih terkait Feasibility Study (FS) terhadap Sistem Smart Water Management (SWM) untuk Peningkatan Efisiensi Pasokan Air di Kota Semarang.

Tak lupa, Dr. Ir. Mochamad Basuki Hadimuljono juga mengapresiasi Pemerintah Korea atas dukungannya kepada pelaksanaan World Water Forum ke-10 Tahun 2024 di Bali, Indonesia.

(ri/hn/nm)

in

Share this post

Sign in to leave a comment