Hoax! Australia Sogok Indonesia dengan Senjata agar Melawan China

6 April 2023 - 08:36 WIB
Kominfo.go.id

www.tribratanews.com - Jakarta. Beredar sebuah postingan video di Facebook dengan klaim narasi yang menjelaskan, Australia sogok Indonesia dengan senjata agar bergabung dengan Barat melawan Cina. Dalam video tersebut sang narator juga mengatakan, Australia khawatir dengan pergerakan Rusia dan Cina di Kawasan Asia Tenggara.

Karena Cina dan Rusia tengah memperluas pengaruhnya ke Asia Selatan yang melewati Indonesia dan berakhir di Australia.

Baca Juga: Kapolda Metro Jaya Temui PJ Gubernur DKI, Ini yang Dibahas

Dari hasil penelusuran Rabu (5/4/23), faktanya video tersebut merupakan video kompilasi dan suntingan yang tidak berkaitan dengan klaim narasi yang ada diawal video. Narasi video yang menyebutkan, Australia akan memasok senjata ke Indonesia untuk dijadikan tameng menghadapi Cina dan Rusia merupakan kutipan berita dari news.detik.com berjudul “Indonesia-Australia Janjikan Kesepakatan Pertahanan Baru, Meski Masih Ada Ketegangan AUKUS”.

Berita tersebut terkait Indonesia dan Australia yang menyepakati perjanjian kerja sama pertahanan yang baru, meski masih ada ketegangan terkait keputusan Pemerintah Australia untuk mengakuisisi kapal selam bertenaga nuklir. Dalam berita tersebut tidak menyebutkan sama sekali, Australia memasok senjata ke Indonesia sebagai tameng menghadapi Cina dan Rusia.
cekfakta.tempo.co,
(as/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment