[HOAKS] Video 2 Kepiting Raksasa di Pantai Tedis

6 September 2024 - 07:15 WIB
Kominfo

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Viral di YouTube sebuah unggahan video yang diklaim sebagai munculnya kepiting raksasa di Pantai Tedis, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang diunggah pada tanggal 23 Agustus 2024. Video berdurasi 15 detik tersebut memperlihatkan dua ekor kepiting raksasa yang muncul di permukaan air, salah satunya berada di pinggir pembatas pantai.

Namun faktanya, berdasarkan penelusuran dari turnbackhoax.id, Selasa (3/9/24), dengan mengunggah tangkapan layar dari video, muncul hasil yang mengarah ke beberapa video dari TikTok, Instagram, maupun YouTube. Satu diantaranya video dari TikTok mengunggah gambar proses pembuatan kepiting raksasa. Terlihat bahwa video tersebut diunggah oleh akun TikTok @cangrejos.en.el.l.

Kepiting raksasa tersebut merupakan patung ikon di Faro de Chipiona (Mercusuar Chipiona) dalam bahasa Spanyol disebut "Cangrejos Gigantes" yang dibuat dari bahan daur ulang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pelestarian lingkungan laut. Dapat disimpulkan video yang mengeklaim kepiting raksasa di NTT adalah informasi keliru.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment