[Hoaks] Vaksin Akibatkan Epidemi Autisme di Vietnam

8 August 2023 - 08:50 WIB
Kominfo

Tribratanews.tribratanews.com – Jakarta. Beredar sebuah video pernyataan dari seorang pria tentang kondisi kesehatan masyarakat di Vietnam. Sang pria dalam video mengklaim bahwa Vietnam mengalami peningkatan autisme lebih dari 300 persen. Selasa (8/8/23). Pria tersebut juga mengaitkan kejadian tersebut dengan vaksin, di mana ia menyebut jika vaksinlah yang menyebabkan itu semua. Namun, setelah ditelusuri Kominfo.go.id, klaim tersebut hoaks.

Faktanya, video yang menyebutkan vaksin dapat mengakibatkan peningkatan autisme di Vietnam tersebut merupakan potongan dari film dokumenter kontroversial. Film tersebut berjudul “Vaxxed: From Cover-up to Catastrophe”. Bahkan, film tersebut sudah tidak tersedia di situsnya.
Baca Juga: [Disinformasi] Tes Kesehatan Paru Paru dengan Menahan Napas

Dilansir dari rri.co.id, film tersebut disutradarai oleh Andrew Wakefield. Ia merupakan seorang dokter yang lisensinya telah dicabut karena memalsukan data dalam makalah pada tahun 1998.

Kesimpulan, klaim dan video yang beredar merupakan konten menyesatkan/ hoaks.

Referensi:
https://www.kominfo.go.id/content/detail/50579/disinformasi-pernyataan-seorang-pria-terkait-vaksin-yang-dapat-mengakibatkan-epidemi-autisme-di-vietnam/0/laporan_isu_hoaks

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment