[HOAKS] Sri Mulyani Bagi-Bagi Uang Rp15 Juta

4 September 2024 - 22:00 WIB
Kominfo

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Viral di Tiktok sebuah unggahan video yang menampilkan Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani akan membagikan uang sebesar Rp15 juta. Dalam video tersebut menyatakan Sri Mulyani akan menyalurkan bantuan lewat transfer dengan cara tekan tombol love.

Namun faktanya, klaim dalam unggahan video tersebut adalah tidak benar. Melansir dari kompas.com, Senin (2/9/24), setelah ditelusuri tim cek fakta menggunakan perangkat Yandex, hasilnya ditemukan video identik pada unggahan di akun Instagram resmi Sri Mulyani @smindrawati pada 26 Juli 2024.

Dalam video aslinya Sri Mulyani menjelaskan soal agenda pertemuan G20 yang digelar di Rio de Janeiro, Brasil pada Juli 2024. Menurut Sri Mulyani, pertemuan itu membahas tentang kondisi perekonomian global.

Ia tidak menjanjikan akan membagikan uang Rp15 juta. Kemudian setelah dicek menggunakan Hive Moderation suara Sri Mulyani memiliki probabilitas 82,5 persen dihasilkan oleh kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment