[HOAKS] Ratusan Rumah di Kota Bogor Rusak akibat Gempa

13 August 2024 - 22:00 WIB
Kominfo

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Viral di Youtube sebuah unggahan video yang memberikan sebuah klaim bahwa Kota Bogor hancur berkeping-keping di mana ratusan rumah bergetar hebat akibat gempa 5 Agustus 2024.

Namun faktanya, melansir dari turnbackhoax.id, Sabtu (10/8/24), ternyata narator hanya membacakan sebuah artikel yang diunggah oleh Antara News yang berjudul “BMKG: Pusat gempa magnitudo 3,5 berada di Kota Bogor”.

Dalam artikel tersebut tidak dijelaskan bahwa terjadi gempa yang menghancurkan Kota Bogor pada 5 Agustus 2024. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa pusat gempa magnitudo 3,5 yang terjadi pada Minggu, 4 Agustus 2024 berada di Kota Bogor, Jawa Barat, dengan kedalaman 4 kilometer.

Lokasi berada 6.73 LS, 106.63 BT, di mana pusat gempa berada di darat 23 km barat daya Kota Bogor dengan kedalaman 4 kilometer. Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan adanya Kota Bogor hancur berkeping-keping akibat gempa adalah salah. Faktanya gempa magnitude 3,5 tidak menyebabkan kerusakan.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment