[Hoaks] Polisi Tangkap Anak Panji Gumilang Akibat Mencoba Larikan Diri ke Luar Negeri

2 August 2023 - 15:30 WIB
Foto: Kominfo

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Beredar postingan video di Facebook dengan klaim bahwa anak kandung dari Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun Panji Gumilang ditangkap oleh aparat kepolisian karena mencoba melarikan diri ke luar negeri.

Pada postingan video turut menampilkan thumbnail yang di mana terdapat gambar dua orang laki-laki dan perempuan yang menggunakan baju tahanan berwarna oranye dan dikawal oleh aparat kepolisian.

Faktanya, dilansir dari kompas.com, thumbnail gambar dalam video merupakan hasil suntingan dari foto identik yang termuat dalam artikel republika.co.id yang menampilkan seorang tersangka bandar judi online.

Baca Juga:  [Hoaks] Habib Bahar bin Smith dan Habib Rizieq Shihab telah Dieksekusi Mati

Dalam video tersebut sang narator hanya membacakan artikel di laman detik.com berjudul "8 Saksi dari Al-Zaytun Mangkir, Polri Panggil Kembali Jumat Depan" dan laman wartakota.tribunnews.com berjudul "2 Anak Panji Gumilang dan 6 Petinggi Al-Zaytun Mangkir Panggilan Bareskrim, Dijadwalkan Ulang".

Hingga saat ini, tidak terdapat informasi valid ataupun sumber yang kredibel mengenai anak Panji Gumilang yang ditangkap oleh aparat kepolisian.

Kesimpulannya, postingan video di Facebook dengan klaim bahwa anak kandung dari Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun Panji Gumilang ditangkap oleh aparat kepolisian adalah informasi palsu/ hoaks.

(as/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment