[HOAKS] Peringatan IDI Terkait Wabah Pengerasan Otak dan Sumsum Tulang Belakang serta Diabetes

1 August 2024 - 22:00 WIB
Kominfo

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Viral di Facebook informasi yang mengeklaim Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memperingatkan tentang munculnya wabah pengerasan otak, diabetes, serta pengerasan sumsum tulang belakang. Masyarakat harus menjauhi beberapa minuman dalam kemasan agar terhindar dari wabah tersebut, baik yang masih berupa serbuk atau yang sudah siap minum.

Namun faktanya, klaim tersebut tidak benar dan merupakan hoaks lama yang kembali beredar. Melansir dari turnbackhoax.id yang mengutip tulisan Tempo, Kamis (31/7/24), narasi tersebut telah beredar setidaknya sejak tahun 2010 melalui pesan singkat (SMS) dan BlackBerry Messenger.

Namun, Ketua Umum IDI saat itu, Priyo Sidipratomo, telah membantah hal tersebut. Ia juga menjelaskan, dokter yang disebut dalam narasi yang beredar, tidak mengatakan pernyataan tersebut. Namun, namanya dicatut tanpa izin dan dituliskan dalam narasi. Bantahan IDI juga disampaikan sejak tahun 2010 di situs mereka. Demikian juga yang disampaikan Ketua IDI periode 2012 – 2015, Zaenal Abidin, saat narasi tersebut kembali beredar pada tahun 2013. Ia menyatakan IDI tidak mengeluarkan pernyataan seperti dalam narasi.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment